Senin, 4 Maret 2024

TMMD di Mlonggo Jepara Resmi Dimulai

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 20 September 2023 15:35:00
: Pembukaan TMMD Sengkuyung di Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo Jepara. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jepara – TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap III tahun 2023 di Jepara resmi dimulai, Rabu (20/9/2023). Pada tahap ini, TMMD diselenggarakan di Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo.

Program TMMD ini akan berlangsung selama sebulan mulai 20 September hingga 19 Oktober 2023 mendatang. Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan, TMMD Sengkuyung ini melibatkan sejumlah unsur mulai dari jajaran TNI dan Polri bersama perangkat daerah, organisasi masyarakat (ormas), serta berbagai komponen masyarakat.

Banyaknya unsur yang bergabung dalam kegiatan ini selaras dengan tema TMMD, yakni “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

"Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk terus merawat semangat gotong-royong. Nilai luhur warisan nenek moyang ini, harus selalu kita jaga, sebagai modal penting untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa," kata Edy.

Semangat gotong-royong ini, lanjut Edy, juga diperlukan untuk membentuk masyarakat berdaya yakni masyarakat yang mampu menempatkan hasil pembangunan sebagai tuas pengungkit untuk berswadaya, membangun lebih banyak di lingkungan dan desanya.

Edy menyampaikan, selama TMMD Sengkuyung Tahap III ini tak hanya melaksanakan kegiatan fisik pembangunan jalan rabat beton senilai 370 juta, yang bersumber dari APBD Kabupaten Jepara dan Provinsi Jawa Tengah. Tetapi akan juga dilaksanakan pula kegiatan-kegiatan non fisik.
"Kegiatan-kegiatan nonfisik untuk mempercepat penuntasan berbagai isu strategis, seperti penyuluhan dan pelatihan terkait stunting, Posyandu, Posbindu, penyakit tidak menular, KB Kesehatan, hingga Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air," jelasnya.

Pj. Bupati berharap hasil dari TMMD Sengkuyung Tahap III ini dapat membantu masyarakat luas khususnya warga Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo dan sekitarnya. Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Jepara juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

Diantaranya Bansos Rumah Tidak Layak Huni, bantuan biaya sekolah, bibit pohon buah, bansos logistik pangan, benih ikan nila, bantuan pengembangan perpustakaan hingga mushaf Alquran.

Editor: Budi Santoso

Komentar