Jumat, 23 Februari 2024

Satpol PP Jepara Tak Kunjung Tertibkan Baliho Liar, Ini Sebabnya

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 11 Oktober 2023 11:57:00
Baliho-baliho bacaleg terpasang liar di Kabupaten Jepara. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Saat ini ruang publik di seluruh wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dipenuhi dengan baliho-baliho liar. Sebagian besar adalah baliho bergambar bakal calon legislatif.

Pantauan Murianews.com, baliho-baliho bacaleg tak hanya terpampang besar di papan baliho resmi. Tetapi banyak juga terpasang sembarangan. Seperti di pohon-pohon, tiang listrik, pagar atau tiang penerangan jalan umum (PJU).

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara mengaku tak bisa berbuat banyak terkait baliho-baliho itu. Karena tak punya payung hukum untuk melangkah, akhirnya urusan itu dilempar kepada Satpol PP Jepara yang punya payung hukum Peraturan Daerah (Perda) tentang Keindahan, Ketertiban dan Kebersihan (K3).

Sayangnya, sampai detik ini Satpol PP Jepara tak kunjung bergerak menurunkan baliho-baliho liar bacaleg. Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Jepara, Trisno Santoso justru mengaku sudah mencopoti baliho-baliho non politik.

“Kalau baliho-baliho yang berhubungan denga politik memang belum kami tertibkan. Tapi kalau yang lain sudah,” kata Trisno saat ditemui Murianews.com di kantornya, Rabu (11/10/2023).

Trisno tak menampik bahwa sudah sangat banyak baliho bernuansa politik terpampang di tempat-tempat yang tak semestinya. Tetapi pihaknya masih belum bisa bergerak karena perkara baliho bacaleg itu dia anggap tak bisa berdiri sendiri dalam penertibannya.

Trisno menjelaskan, penertiban baliho-baliho liar bacaleg itu mesti dikoordinasikan dengan Bawaslu dan instansi lain. Sejauh ini, Satpol PP sudah menyisir lokasi-lokasi yang banyak ditemui pemasangan baliho liar milik bacaleg.

”Ada beberapa yang memang melanggar, seperti dipasang di tiang listrik, traffic light, PJU dan sebagainya,” ujar dia.

Koordinasi dengan Bawaslu dinilai Trisno sangat penting. Sebab, Trisno mengaku khawatir jika Satpol PP bergerak sendiri justru akan dianggap salah oleh pihak tertentu.

”Untuk baliho-baliho yang berkaitan dengan Pemilu 2024 memang belum ditertibkan. Tapi yang pasti nanti akan kami tertibkan bersama-sama Bawaslu dan lain-lain,” tegas Trisno. 

Editor: Dani Agus

Komentar