Jumat, 1 Maret 2024

BREAKING NEWS: Petani Bondo Jepara Demo PLTU

Faqih Mansur Hidayat
Senin, 20 November 2023 10:01:00
Para petani Bondo Jepara demonstrasi di depan PLTU TJ B, Senin (20/11/2023). (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Puluhan petani Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara menggelar aksi demonstrasi di depan PLTU Tanjung Jati B. Alasannya, sawah mereka terkena abrasi sejak adanya pembangkit listrik untuk Jawa-Bali itu.

Pantauan Murianews.com, para petani membawa berbagai baliho bertuliskan kekecewaan mereka terhadap PLTU TJ B. Seperti tanah hilang sekitar 18 ribu meter sejak pembangunan PLTU Unit 5 dan 6.

Para petani mendatangi PLTU TJ B sejak pukul 06.00 WIB. Tak hanya laki-laki, beberapa perempuan juga ikut dalam aksi damai itu.

Aksi itu tak terlihat mengganggu aktivitas PLTU TJ B. Para karyawan pun sudah diatur untuk tidak melewati jalur yang dipadati masa aksi.

Suakhmad, salah satu petani mengungkapkan, sawahnya di kawasan Kropak, Desa Bondo terkena abrasi sejak belasan tahun silam. Akibatnya, dia tak bisa lagi bertani.

”Sawah saya tidak luas. Tapi sudah belasan meter sawah hilang (terkena abrasi, red),” ungkap Akhmad kepada Murianews.com, Senin 20/11/2023).

Melalui aksi ini, Akhmad dan para petani lain menuntut PLTU TJ B bertanggungjawab. Dia tidak ingin sawahnya hilang sia-sia.

”Biasanya (sawah) saya bisa tanami padi. Sekarang sudah jadi laut,” ujar petani asal Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo itu.

Para demonstran diterima oleh pimpinan PLTU Tanjung Jati B. Namun, pertemuan itu tampaknya masih belum menemui jalan keluar.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar