Jumat, 23 Februari 2024

Ribuan Obat Kuat dan Narkoba Dimusnahkan di Jepara

Faqih Mansur Hidayat
Kamis, 23 November 2023 11:37:00
Pemusnahan barang bukti tindak pidana hukum oleh Kejari Jepara. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Ribuan obat kuat, obat terlarang serta narkoba jenis sabu-sabu dimusnahkan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2023).

Pemusnahan dilakukan di Kejaksaan Negeri Kabupaten Jepara. Obat kuat dan narkoba yang dimusnahkan merupakan barang bukti yang sudah memiliki ketetapan hukum dalam persidangan.

Setidaknya ada lebih dari lima merk obat kuat yang dimusnahkan. Di antaranya merupakan obat dan pelumas pembesar alat vital.

“Perkara kesehatan ada tujuh kasus. Dengan barang bukti obat-obatan sebanyak 312.546 butir dan 1.306 (obat kuat dan vitalitas, red) yang telah dikemas,” sebut Kepala Kejari Kabupaten Jepara, Muhammad Ichwan.

Ia mengatakan, obat-obatan itu merupakan akumulasi barang bukti tindak pidana kesehatan selama sepuluh bulan terakhir.

Ichwan tak menampik bahwa tingkat kriminalitas di Kota Ukir masih cukup tinggi. Adapun yang tertinggi yakni kasus narkotika.

Kemudian, sebanyak 209,62 gram sabu dan 27,23 gram ganja dari 65 perkara. Dan Sebanyak 273 botol miras dari 10 perkara tipiring dimusnahkan.

”Sementara ini, bisa dibilang 50 persen perkara itu kasus narkotika,” ungkap Ichwan.

Selain itu, Kejari Jepara juga memusnahkan 1.500 lebih batang rokok tanpa pita cukai, empat perkara petasan, tiga perkara pencurian, dua perkara pornografi, satu perkara uang palsu, satu perkara pembunuhan, satu perkara penadahan, saru perkara penganiayaan dan satu perkara pengeroyokan.

Atas pemusnahan barang bukti itu, Ichwan berharap masyarakat tidak mencoba menyentuh hal yang terdapat ancaman hukumannya. ”Ini akan menjadi efek jera bagi pelaku,” tandas Ichwan.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar