Rabu, 21 Februari 2024

Paprol di Jepara Diminta Komitmen Lakukan Kampanye Damai

Faqih Mansur Hidayat
Selasa, 28 November 2023 16:46:00
Parpol-parpol dikumpulkan oleh Pemkab Jepara untuk berkampanye secara damai. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jepara – Masa kampanye Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, resmi dimulai hari ini, Selasa (28/11/2023). Seluruh partai politik (parpol) diharapkan komitmen menjalankan kampanye damai.

Asisten I Setda Jepara Ratib Zaini menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara senantiasa mengimbau agar pesta demokrasi ini berjalan dengan damai. Setiap parpol harus bisa mewujudkan kondusifitas masyarakat.

”Memasuki masa kampanye biasanya suasana politik memanas. Karena ada gesekan antarpendukung parpol. Di sini parpol harus berperan aktif agar tidak ada gesekan,” kata Ratib, Selasa (28/11/2023).

Dengan menjalankan kampanye secara positif dan damai, lanjut Ratib, maka tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih akan tinggi. Pada tahun 2019 lalu, tingkat partisipasi memilih masyarakat Jepara mencapai 83 persen.

”Tingkat partisipasi memilih juga bergantung dengan proses pemilu ini,” jelas Ratib.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Ris Andy Kusuma menegaskan, memasuki tahapan kampanye ini, seluruh kontestan Pemilu 2024 harus mematuhi aturan yang berlaku.

Pada masa kampanye terbatas seperti ini, setiap kampanye calon legislatif (caleg) harus izin kepada Polres Jepara. Izin ini penting untuk memastikan keamanan saat kampanye berlangsung.

”Yang kita waspadai, jika ada caleg kampanye tidak izin Polisi. Kekhawatiran kami kalau nanti ada gesekan saat atau sesudah kampanye dengan caleg lain. Untuk itu izin menjadi penting,” tegas Ratib.

Editor: Supriyadi

Komentar