Rabu, 21 Februari 2024

Pengiriman Logistik Pemilu ke Pulau Terpencil Jepara Dramatis

Faqih Mansur Hidayat
Senin, 12 Februari 2024 17:19:00
Petugas menurunkan logistik Pemilu 2024 di Pulau Parang, Jepara. (Murianews/KPU Jepara)

Murianews, Jepara – Pengiriman logistik Pemilu 2024 di pulau terpencil Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berlangsung dramatis. Pasalnya, petugas harus menerjang ombak setinggi 1,5 meter dan hujan lebat.

Komisioner KPU Jepara, Muhammadun mengatakan, logistik dikirim pada Minggu, (11/2/2024) kemarin. Pengiriman dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karimunjawa ke Pulau Parang dan Pulau Nyamuk.

Pulau Parang berjarak 22 mil dari Kecamatan Karimunjawa. Sedangkan Pulau Nyamuk berjarak 25 mil dari ibu kota kecamatan setempat.

Muhammadun menyebutkan, logistik dikirim ke dua pulau itu menggunakan kapal berkapasitas 19GT dengan double engine. Kapal bertolak dari Karimunjawa pukul 09.45 WIB setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Syahbandar setempat.

Saat pelayaran menuju dua desa itu, lanjut Muhammadun, kondisi tidak bersahabat. Turun hujan lebat dan ombak setinggi 1,5 meter hingga 2,2 meter dengan kecepatan angin 17-18 knots.

”Karena kondisi cuaca demikian, serta ombak tinggi, pelayaran yang normalnya ditempuh sekitar 2 jam menjadi 4 jam,” ungkap Muhammadun saat ditemui Murianews.com, Senin (12/2/2024).

Distribusi logistik tersebut dikawal ketat oleh aparat. Yaitu dua anggota PPK, satu tenaga pendukung, Kapolsek bersama dua anggotanya, dua anggota Koramil Karimunjawa, dua anggota Pos Angkatan Laut, dua anggota Satpol PP dan PKD setempat.

Dia menyebutkan, di Pulau Parang terdapat empat tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 856 jiwa.

Bagi KPU, kata Muhammadun, distribusi logistik ke pulau-pulau terpencil itu menjadi tahapan yang paling banyak mendapatkan perhatian. Mengingat jalur pengirimannya jalur laut. Apalagi, saat ini kondisi perairan Jepara dan Karimunjawa memasuki musim baratan. Di mana cuaca buruk semakin sering terjadi.

”Karena itu, kami menggunakan kapal dengan spesifikasi khusus. Kapal yang digunakan ini terbiasa dengan jalur ke Kalimantan,” jelas dia.

Pihaknya menambahkan, pada 13 Februari esok, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karimunjawa akan mendistribusikan logistik Pemilu ke Pulau Genting. Pulau ini berjarak delapan mil dari Karimunjawa. Pendistribusian ini akan dilakukan sama persis dengan distribusi ke dua pulau sebelumnya.

Editor: Supriyadi

Komentar