Rabu, 21 Februari 2024

KPU Blora Gelar Kirab Pemilu 2024, Ini Tujuannya

Nathan
Minggu, 24 September 2023 23:17:00
Acara penyerahan Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Bojonegoro kepada KPU Kabupaten Blora. (Murianews/Nathan)

Murianews, Blora – Pemerintah Kabupaten (Pemkab Blora) mendukung penuh Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi sarana integrasi bangsa. Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan dukungan itu saat penyerahan Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Bojonegoro kepada KPU Kabupaten Blora di depan pendapa rumah dinasnya, Minggu (24/9/2023).

Orang nomor satu di Blora itu mengungkapkan, dukungan Pemkab Blora dilakukan agar pemilu 2024 tidak menjadi perpecahan sesama anak bangsa.

”Saya atas nama pribadi dan Pemkab Blora mendukung KPU yang mempunyai komitmen terhadap penyelenggaraan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Agar kedepannya tidak lagi terpecah belah hanya karena berbeda pilihan,” ungkapnya.

Selain itu, dengan adanya kirab pemilu ini dapat membantu memudahkan mengawal pemungutan suara, baik itu Pemilu maupun Pilkada, serta tentunya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Pemilu, lanjut Arief, untuk menyatukan seluruh elemen bangsa dalam menentukan arah pembangunan negara ke depan, bukan untuk memecah belah bangsa.

“Pemilu salah satu sarana menentukan arah pembangunan bangsa dan negara. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat mewujudkan Pemilu yang luber jurdil,” ucap Bupati Arief.

Selain serah terima kirab Pemilu 2024, juga dilaksanakan deklarasi damai dan penandatanganan komitmen yang diikuti oleh bupati, Forkompimda, KPU dan Bawaslu serta pimpinan partai politik yang ada di Kabupaten Blora.

Acara tersebut juga sebagai ikhtiar memperkenalkan nomor dan lambang partai politik peserta pemilu 2024. Acara dilaksanakan dengan mengambil start dari Blok T Blora sampai dengan finish di Alun-alun Blora diiringi kesenian barongan dan reog Ponorogo.

Ketua KPU Blora M Khamdun menjelaskan Kirab Pemilu 2024 adalah agenda nasional dan ada tujuh jalur kirab. ”Yang dikirab adalah bendera partai politik sejumlah 18. Tujuan utamanya adalah mensosialisasikan kepada publik tentang proses dan tahapan pemilu,” jelas M Khamdun.

Diketahui, Pemilu akan dilaksanakan tahun depan tepatnya pada hari Rabu, 14 Februari 2024 yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Editor: Dani Agus

Komentar