Jumat, 23 Februari 2024

Turunkan Harga di Grobogan, Bulog Gelontorkan 1.652 Ton Beras

Saiful Anwar
Kamis, 21 September 2023 10:27:00
Penampakan stok beras di Gudang Bulog Depok, Grobogan, Jawa Tengah. (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Perum Bulog Cabang Semarang menggelontorkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sebesar 1.652,550 ton kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Grobogan.

Setiap KPM akan mendapatkan 10 kg beras dalam program ini. Penyaluran dimulai hari ini, Kamis (21/9/2023) hingga Rabu (27/9/2023).

Pimpinan Cabang Bulog Semarang Rendy Ardiansyah mengatakan, penyaluran tahap kedua CPP tersebut merupakan arahan langsung dari presiden.

”Penyaluran tahap dua ini perintah langsung dari presiden melalui Badan Pangan Nasional, dan diteruskan ke Perum Bulog. Yaitu untuk segera menyalurkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk alokasi September, Oktober, dan November,” paparnya.

Rendy menambahkan, sebenarnya penyaluran CPP dijadwalkan untuk diberikan pada Oktober mendatang, dengan alokasi untuk Oktober, November, dan Desember. Namun, melihat kondisi di pasaran terkait naiknya harga beras, penyalurannya dimajukan.

”Bantuan ini seyogyanya diberikan Oktober-Desember. Karena kondsi beras dan inflasi tidak terkendali, maka Presiden memrintahkan di bulan September untuk penyaluran,” imbuhnya.

Harapannya, dengan penyaluran CPP ini mampu meringankan beban masyarakat. Dengan begitu, Kebutuhan beras di pasar tidak melonjak lagi, sehingga berdampak inflasi.

Rendy mengklaim, digelontorkannya CPP tahap kedua ini tidak membuat cadangan beras Bulog terkuras. Sebab, di Gudang Bulog Depok Grobogan hingga kini masih tersedia 6.700-an ton.

”Stok masih aman sampai akhir tahun, bahkan awal tahun. Karena sejak awal tahun, kami aktif melakukan penyerapan beras, karena ada informasi El Nino. Stoknya kisaran 6.700 ton,” tandasnya.

Editor: Dani Agus

Komentar