Jumat, 1 Maret 2024

Polres Grobogan Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Saiful Anwar
Senin, 25 September 2023 12:10:00
Suasana massa rusuh hingga petugas menembakkan gas air mata dalam simulasi pengamanan Pemilu 2024 di Grobogan. (Murianews/Polres Grobogan)

Murianews, Grobogan – Ratusan orang berkumpul dan bergerak ke Kantor KPU Grobogan, Senin (25/9/2023). Semakin lama, semakin banyak yang datang.

Karena diadang petugas kepolisian Polres Grobogan, aksi damai berubah jadi rusuh. Aksi saling dorong dengan petugas Dalmas (pengendali massa) tak terhindarkan. Massa kemudian melakukan pelemparan benda ke petugas.

Unit Satwa Polres Grobogan pun dikerahkan, namun hal tersebut tak membuat massa mundur. Petugas pun melakukan penembakan gas air mata ke massa.

Keadaan massa semakin terkendali. Massa semakin anarkis dan melakukan perusakan fasilitas umum, hingga pembakaran.

Seorang provokator akhirnya ditangkap dan diamankan. Demi mencegah situasi yang semakin anarkis, Dalmas inti pun bergerak maju untuk memukul mundur massa, sehingga massa mulai terpecah konsentrasinya.

Tindakan kepolisian tersebut berhasil mendorong massa. Namun demikian, masih ada massa yang menjarah di pertokoan dan tempat perbelanjaan.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan pun memerintahkan untuk menerjunkan tim gabungan raimas (pengurai massa). Mereka diminta untuk bergerak maju membubarkan dan menangkap massa yang melakukan penjarahan.

Namun jangan khawatir. Kejadian tersebut hanya simulasi penanganan massa yang menolak hasil Pemilu 2024 mendatang.

Kapolres menjelaskan, kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar di Alun-Alun Purwodadi, Grobogan berlangsung lancar.

’’Alhamdulillah lancar dan sukses. Beberapa hari ke belakang kita sudah melaksanakan latihan-latihan,’’ kata Kapolres.

Menurut Kapolres, kegiatan ini ditujukan untuk menampilkan kekuatan dari personil Polres Grobogan dalam pengaman Pemilu 2024. Sehingga personel siap apabila muncul eskalasi-eskalasi di lapangan.

’’Ini kita latih agar anggota tetap profesional dan tahu aturan apabila ada rusuh masa. Kita siap personil, peralatan, teknik, sudah siap menghadapi gelaran Pemilu 2024,’’ ungkapnya.

Untuk TPS yang diperkirakan rawan, berdasarkan perkiraan keamanan intelejen, belum ada. Namun ada beberapa wilayah dan beberapa kelompok yang harus dilakukan pembinaan agar dalam pelaksanaan Pemilu 2024 bisa bersama masyarakat menjaga Kamtibmas di Grobogan.

’’Kita selalu berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan partai politik karena ini sudah tahun politik, untuk bersama sama menjaga kedamaian di Grobogan,’’ pungkas Kapolres.

 

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar