Jumat, 23 Februari 2024

Dua Bulan, Ada 27 Kebakaran Hutan dan Lahan di Grobogan

Saiful Anwar
Selasa, 3 Oktober 2023 14:35:00
Kebakaran hutan di wilayah Geyer, Grobogan, Jawa Tengah pada Senin (2/10/2023) malam. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Grobogan – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) marak terjadi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dalam dua bulan terakhir. Sejak awal Agustus hingga awal Oktober 2023, total terdapat 27 karhutla yang melanda di berbagai kecamatan di Kota Kedelai.

Berdasarkan data BPBD Grobogan, kebakaran hutan dan lahan terbanyak berada di Kecamatan Purwodadi yakni 16 kasus. Kemudian Toroh (3), Penawangan (2), Ngaringan (2), Tawangharjo (1), Grobogan (1), dan Geyer (2).  

Kebakaran terbaru terjadi pada Senin (2/10/2023) malam sekitar pukul 21.50 WIB di hutan KPH Gundih, Desa Geyer, Kecamatan Geyer. Dalam kebakaran tersebut, setengah hektare wilayah hutan tersebut terbakar.

Rekaman video proses pemadaman kebakaran itu sempat beredar di media sosial dan Whatsapp. Dalam video tersebut, tampak lintas lembaga dan instansi bahu-membahu memadamkan api dengan alat seadanya.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, petugas dari Polsek, Koramil, dan Satpol PP setempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api terus membesar hingga mereka kesulitan melakukan pemadaman.

”Pada pukul 22.05 WIB, dua unit tangki air bersih dari BPBD dan PMI Grobogan tiba di lokasi dan melakukan pemadaman. Sekitar pukul 22.30 WIB, api berhasil dipadamkan,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh pihak agar terus waspada akan potensi kebakaran di tengah kekeringan yang masih melanda.

Editor: Ali Muntoha

Komentar