Jumat, 23 Februari 2024

Baliho Caleg PDIP di Grobogan Dicopot Pakai Crane

Saiful Anwar
Jumat, 17 November 2023 14:23:00
Prosesi pencopotan baliho caleg DPR RI dari PDIP dengan crane di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. (Murianews/Bawaslu Grobgan)

Murianews, Grobogan – Pencopotan baliho caleg DPR RI dapil Jawa Tengah dari PDIP, Wagiman di Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah harus melibatkan alat berat crane, Jumat (17/11/2023).

Baliho caleg yang juga terdapat gambar Ganjar-Mahfud di sisi atas itu akhirnya dicopot usai ramai mendapat sorotan media.

Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti mengatakan, penurunan baliho caleg tersebut merupakan tindak lanjut dari pencopotan alat peraga kampanye (APK) yang dilakukan sejak Senin (13/11/2023).

”Pencopotan baliho ini awalnya akan dilaksanakan pada Senin lalu bersamaan dengan kegiatan penertiban yang lainnya. Namun, Panwascam menemui kendala, tidak bisa dilepas secara manual. Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, hari ini baru bisa kita eksekusi dengan crane dari Dinas Perhubungan,” ungkap Fitri.

Dalam eksekusi itu, pihaknya melibatkan Panwascam, dan Satpol PP Grobogan. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan atensi terkait dengan masih adanya baliho caleg atau spanduk berisi ajakan memilih.

Fitri menambahkan, masyarakat dipersilakan melapork ke posko aduan bila masih menemukan baliho atau spanduk yang berisi ajakan memilih sebelum masa kampanye dimulai.

”Ada posko aduan bagi masyarakat. Penertiban masih terus dilakukan hingga tanggal 27 November 2023, atau sebelum masa kampanye,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, Bawaslu Grobogan bersama Satpol PP setempat mulai mempreteli APK dan APS berbau kampanye sejak Senin lalu. Total, sudah lebih dari 2300 APK diturunkan di 19 kecamatan.

Editor: Ali Muntoha

Komentar