Rabu, 28 Februari 2024

51 Desa di Grobogan Dapat Bantuan Bedah Rumah, Segini Totalnya

Saiful Anwar
Senin, 27 November 2023 20:37:00
Prosesi penyerahan bantuan rehab rumah yang diwakili para kepala desa di Grobogan. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Grobogan – Sebanyak 51 desa di Grobogan mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR untuk 500 unit rumah. Nilai bantuan per unitnya sebesar Rp 20 juta.

Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni di ruang Riptaloka Setda Grobogan, Senin (27/11/2023). Turut hadir, anggota DPR RI Evita Nursanti serta Kepala OPD terkait.

Bupati menyebut, bantuan tersebut menjadi salah satu cara untuk pengentasan kemiskinan. Yakni dengan menerapkan gotong royong, baik melalui anggaran desa, CSR, dan lainnya.

”Kemiskinan ekstrem tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah daerah, tetapi dikroyok bareng dengan semua pihak, dari pemerintah pusat, swasta, BUMN-BUMD, dan para pihak lainya,” katanya.

Menurut Bupati, Pemkab Grobogan bergotong royong dengan semua pihak terus merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Bupati menyatakan, saat ini baru 40 persen RTLH yang sudah direhab. Dia pun menargetkan bisa sampai 80 persen

”Baru 40 persen RTLH yang sudah direhab secara gotong royong, diharapkan bisa 80 persen,” tambahnya.

Ia menambahkan, dari data Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim (PKE) ada 7.149 untuk rumah tidak layak huni yang tersebar di 15 Desa yang berada di 15 Kecamatan di Grobogan.

Editor: Supriyadi

Komentar