Senin, 4 Maret 2024

Curi Kayu di Penganten Grobogan, Begini Nasib Warga Pati

Saiful Anwar
Sabtu, 9 Desember 2023 15:16:00
Lokasi pencurian kayu di wilayah Desa Penganten, Klambu, Grobogan, Jawa Tengah. (Murianews/Polres Grobogan)

Murianews, Grobogan – Pria berinisial BI (36), warga Desa Prawoto, Sukolilo, Pati pelaku pencurian kayu ditangkap polisi hutan (Polhut) dan anggota Polsek Klambu, Grobogan, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Pelaku ditangkap di kawasan hutan Perhutani, petak 30 F RPH Plosokerep, BKPH Penganten, KPH Purwodadi, tepatnya Desa Penganten, Klambu, Grobogan.

Kapolsek Klambu AKP Maarif mengungkapkan, tertangkapnya pelaku pencurian kayu di hutan tersebut bermula ketika anggota Polhut tengah berpatroli di hutan petak 26 C1.

Tepatnya di RPH Terkesi, BKPH Penganten KPH Purwodadi. Patroli dilanjutkan di petak 30 F KPS RPH Plosokerep BKPH Penganten.

”Saat melaksanakan patroli, petugas dari Perhutani mendengar suara pohon tumbang. Mendengar itu, kemudian petugas bergerak menuju arah pohon tumbang dan melihat pelaku sedang memotong kayu jati,” ungkap kapolsek, Sabtu (9/12/2023).

Saat ditanya petugas, pelaku mengaku menebang pohon kayu jati tersebut tanpa ijin. Kemudian pelaku diamankan oleh petugas Perhutani dan diserahkan ke Polsek Klambu.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti gergaji dan satu unit sepeda motor Honda Revo warna hitam tanpa nopol yang sudah dimodifikasi.

Selain itu, petugas juga mengamankan 6 batang kayu jati mulai ukuran 70 cm hingga 260 cm dengan diameter mulai 16 cm hingga 34 cm.

Saat proses hukum masih berlangsung, Kades Prawoto Hyro Fachrus berkoordinasi dengan pihak Perhutani. Dia mengajukan permohonan kepada pihak Perhutani agar perkara tersebut tidak dilanjutkan, atau diselesaikan secara restorative justice (RJ).

”Pihak Perhutani KPH Purwodadi diwakili oleh Asper dan KRPH beserta jajaran dan pelaku bertemu. Lalu sepakat untuk menyelesaikan perkara tersebut secara restorative justice," jelas Kapolsek.

Kedua belah pihak yakni KPH Purwodadi dan pelaku menandatangani surat pernyataan disaksikan AKP Ma’arif di Mapolsek Klambu. Pelaku berjanji tidak akan melakukan penebangan liar lagi dan turut melestarikan hutan.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar