Jumat, 1 Maret 2024

Duh! Ribuan PPPK di Sulsel Belum Digaji Selama 5 Bulan

Supriyadi
Sabtu, 18 November 2023 13:12:00
Ilustrasi ASN. (Dok Murianews)

Murianews, Makassar – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) mengaku belum digaji sejak lima bulan terakhir. Akibatnya, mereka serba kekurangan untuk memenuhi kebutuhan.

Syaiful saah satu guru berstatus PPPK mengaku terangkat sejak bulan Juli 2023 di salah satu pulau terluar di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Setelah dilantik ia meninggalkan keluarganya di Makassar demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik dibanding jadi honorer.

”Jujur, kami kesusahan di pulau. Kami rela meninggalkan keluarga jauh dari daratan, tapi nasib kami ( di pulau) terkatung-katung karena gaji belum dibayar,” katanya seperti dilansir Suara.com, Sabtu (18/11/2023).

Ia menyebutkan, gaji yang ditunggak oleh pemerintah sebenarnya mulai saat ia dilantik. Yakni bulan Juli 2023 lalu. Saat itu, setelah pelantikan diberitahukan, untuk bulan Juli semua PPPK khususnya guru tidak dibayarkan.

”Sebenarnya tidak ikhlas (dipotong), tapi mau diapa. Harapan kami yang bulan Agustus hingga sekarang (November) bisa segera dibayar,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sulsel Salehuddin belum bisa memastikan soal pembayaran gaji PPPK.

Ia hanya mengatakan pencairan dan pembayaran gaji PPPK untuk bulan Agustus hingga November segera diproses.

”Kami mohon maaf karena anggaran gaji PPPK baru bisa diakomodir di APBD Perubahan 2023. Disdik sudah menyampaikan secara tertulis soal ini dan segera kami proses pencairannya,” tutup Salehuddin.

Komentar