Rabu, 28 Februari 2024

Kapal Berisi 17 Orang Tenggelam di Sulsel, 7 Meninggal

Supriyadi
Minggu, 3 Desember 2023 15:56:00
Ilustrasi kapal tenggelam. (Dok. Damkar Kepulauan Seribu Selatan)

Murianews, Makassar – Sebuah Kapal Motor (KM) Resky berisi penumpang 17 orang tenggelam di Perairan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Akibat kejadian tersebut tujuh orang dinyatakan meninggal dan sepuluh orang lainnya berhasil selamat.

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel membenarkan peristiwa tersebut. Ia pun menjelaskan, tenggelamnya KM Resky tersebut terjadi Sabtu (2/12/2023) kemarin sore.

”Kejadiannya Sabtu (2/12/2023) kemarin sore. Ada tujuh orang yang meninggal dalam peristiwa tersebut,” katanya seperti dilansir Suara.com, Minggu (3/12/2023).

Mexianus menjelaskan, KM Resky tenggelam usai dihantam ombak tinggi saat hujan badai sekitar pukul 15.10 WITA. Saat itu kapal tersebut berlayar dengan rute Pulau Pajennekang menuju Pelabuhan Pangkep.

”Menurut laporan, KM Resky terkena hantaman ombak yang tinggi pada saat hujan yang mengakibatkan kapal oleng dan tenggelam,” ujarnya.

Begitu mendapat kabar tersebut, pihaknya langsung menerjunkan 6 rescuer dari Basarnas Makassar dan 6 ABK menggunakan Kapal cepat menuju lokasi kejadian dengan dilengkapi peralatan pertolongan di air.

”Setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan, pada pukul 17.55 ditemukan dua korban atas nama Asmira (35) dan Mariana (30) dalam keadaan meninggal dunia,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, pada pukul 19.45, kembali ditemukan 3 korban terhimpit perahu juga dalam keadaan meninggal dunia. Ketiga korban ini bernama Sofia (45), Siti Nadira (36) dan balita anak dari ibu Mariana (5) yang juga menjadi korban.

”Tidak lama kemudian ditemukan lagi dua korban meninggal dunia di sekitar KM Resky atas nama RE (16) dan SA (7). Sehingga jumlah korban hingga saat ini menjadi 17 orang dengan tujuh orang meninggal dunia,” imbuhnya.

Komentar