Senin, 4 Maret 2024

Google Doodle Tampilkan Kapal Pinisi Hari Ini

Supriyadi
Kamis, 7 Desember 2023 06:58:00
Google doodle menampilkan Kapal Pinisi dalam laman awal mesin pencarian. (Murianews/Tangkap Layar)

Murianews, Kudus – Google doodle kembali melakukan pembaharuan tampilan di mesin pencari hari ini, Kamis  (7/12/2023). Kali ini, Google doodle menampilkan kapal asal Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni Kapal Pinisi.

Bagi orang Indonesia, Kapal Penisi merupakan kapal yang tidak asing lagi. Kapal ini merupakan kapal legendaris yang telah ada sejak 1500an dan banyak digunakan oleh para pelaut asal Bugis, Konjo, dan Mandar di Sulawesi Selatan.

Kapal ini memiliki ciri khas berupa layar dan dua tiang utama. Saat ini, ada beberapa jenis Kapal Pinisi yang dibedakan beradasarkan layarnya, bentuk lambungnya, dan cara serta tujuan pemakaiannya.

Dilansir dari Explore Makassar, asal-usul nama Kapal Pinisi sendiri masih misterius. Ini karena banyak versi yang beredar.

Beberapa mengklaim bahwa nama Pinisi berasal dari salah satu pelabuhan historis di Venesia, Italia. Kota tersebut dikunjungi para pelaut zaman dahulu di mana mungkin jenis layar kapal itu berasal.

Namun, versi yang berbeda menyebutkan jika ada seorang Raja Tallo menamai perahunya Pinisi sejak awal abad ke-17.

Versi terbaru bahkan mengatakan bahwa ada seseorang yang bernama Pinisi lewat di Tanjung Bira dan menegur salah satu nahkoda kapal, memberi tahu bahwa layar yang digunakannya masih perlu diperbaiki.

Sejak saat itu, orang Bira mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Pinisi seperti yang ada sekarang ini. Berkat teguran orang tersebut, akhirnya orang-orang Bira menyebut layar itu dengan nama Pinisi.

Namun sayangnya, tidak ada satu pun dari kisah di atas memiliki sumber yang kredibel.

Komentar