Kamis, 29 Februari 2024

Polresta Pati Tindak 378 Pelanggar Knalpot Brong

Umar Hanafi
Senin, 24 Juli 2023 13:33:00
Knalpot brong disita Satlantas Polresta Pati. (Murianews/Polresta Pati)

Murianews, Pati – Polresta Pati telah melakukan penindakan terhadap 378 pelanggar knalpot brong selama operasi Patuh Candi 2023. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun lalu, dengan total pelanggar mencapai 156.

Kasatlantas Polresta Pati Kompol Asfauri menjelaskan, selama tahun 2023 sudah ribuan knalpot Brong yang ditindak olehnya. Namun demikian, masih ada saja masyarakat khususnya kalangan anak-anak remaja yang masih memodifikasi kendaraannya dengan menggunakan knalpot brong.

Ia pun menegaskan pihaknya terus melakukan penindakan terhadap pesepeda motor yang nekat menggunakan knalpot brong atau knalpot tidak standar.

”Kita membentuk Satgas Khusus yang setiap hari akan melakukan hunting. Ini kami lakukan karena penggunaan knalpot brong yang bising dan memekakan telinga sangat meresahkan masyarakat,” kata dia didampingi KBO Satlantas Ipda Muslimin dan beberapa Perwira dari Unit Gakkum, Senin (24/7/2023).

Di samping itu, lanjutnya, langkah ini juga guna menciptakan kondisi menjelang dilaksanakannya masa kampanye Pemilu 2024. Diharapkan upaya ini semakin membuat Kabupaten Pati semakin kondusif.

Hal senada juga disampaikan Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama. Ia mengatakan kegiatan cipta kondisi seperti ini memang perlu dilakukan khususnya menjelang masa kampanye pemilu 2024.

Mengingat sebagian dari masyarakat ketika melaksanakan kampanye, mereka berkonvoi dengan sepeda motor yang sudah dimodifikasi knalpotnya dengan knalpot bising atau knalpot brong.

”Hal ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya, khususnya bagi warga masyarakat yang mungkin punya anak bayi yang sedang tidur, mereka yang sedang sakit, bahkan penggunaan knalpot brong juga dapat mengganggu kekhusyukan orang yang sedang beribadah,” kata dia.

Diketahui, Operasi Patuh Candi 2023 berlangsung selama 14 hari. Terhitung mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar