Jumat, 23 Februari 2024

Pati Dapat Kuota Tambahan 800 Ribu Tabung Gas Elpiji 3 Kg

Umar Hanafi
Rabu, 13 September 2023 14:19:00
Salah satu warga saat membeli gas elpiji 3 kg. (Murianews/Istimewa) 

Murianews, Pati – Kabupaten Pati mendapatkan kuota tambahan gas elpiji 3 kilogram alias gas melon dari Pertamina pada tahun ini. Tambahan itu berjumlah lebih dari 800 ribu tabung gas melon. 

Penyaluran tambahan gas Melon terakhir dilakukan pada bulan Agustus lalu. Sebelum mendapatkan tambahan kuota, Kabupaten Pati mendapatkan jatah 35.336 metrik ton atau sebanyak 11.778.666 tabung pada 2023 ini. 

Kemudian ditambah cadangan sebanyak 2.360 metrik ton atau 786.666 tabung dan pada Agustus ditambah lagi sebanyak 21 ribu tabung gas melon. 

”Kami juga selalu mengusulkan kuota tambahan. Dari kuota yang ada, di tambahi setiap kali ada momen tertentu seperti Idul Adha, sedekah bumi,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disdagperin Pati Koeswantoro, Rabu (13/9/2023).

Ia meyakini bila tidak ada penyalahgunaan, kuota gas melon Kabupaten Pati cukup untuk masyarakat selama tahun 2023. Apalagi menurutnya tidak ada ketersendatan penyaluran. 

”Kalau tidak ada penyalahgunaan, saya kira cukup jumlahnya untuk kebutuhan masyarakat. Karena suplai dari Pertamina juga rutin tidak ada yang tersendat,” ungkap dia. 

Pada bulan lalu, sejumlah masyarakat Kabupaten Pati merasa adanya kelangkaan gas melon. Mereka kesulitan mendapatkan gas yang tersera untuk masyarakat miskin itu. 

Menurut Koeswantoro hal itu terjadi lantaran adanya perubahan mekanisme penyaluran. Mekanisme ini membuat pengecer kesulitan mendapatkan pasokan. Sedangkan masyarakat disebutnya enggan membeli gas melon ke pangkalan.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar