Jumat, 23 Februari 2024

Ribuan Pelaku UMKM Pati Didorong Manfaatkan Dunia Digital

Umar Hanafi
Rabu, 20 September 2023 16:53:00
Suasana sosialisasi UMKM dan dunia digital yang dilakukan Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Rabu (20/9/2023). (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Ribuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Kabupaten Pati belum memanfaatkan dunia digital. Mereka pun didorong agar lebih memanfaatkan dunia digital untuk mengembangkan usaha.

Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Pati Heri Kristianto mengatakan, pelaku UMKM yang terdaftar saat ini berjumlah 14 ribu. Namun hanya sebagian kecil yang berpindah ke dunia digital.

Ia menyebutkan, baru sekitar 30 hingga 40 persen UMKM yang terdaftar memanfaatkan dunia digital. Sedangkan sisanya masih menggunakan pasar konvensional untuk berjualan.

”Kami terus memacu pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Pati ini secara online. Kami mencoba dorong terus,” kata Kris seusai acara ”Menuju UMKM Berbasis Digital” di KPPN Pati, Rabu (20/9/2023).

Menurutnya, upaya untuk bermigrasi UMKM konvensional ke digital bukan pekerjaan yang ringan. Masih banyak pelaku UMKM yang terlanjur nyaman pasar konvensional. Selain itu, kebanyakan mereka tidak muda lagi, sehingga kesulitan upgrade ilmu digital.

”Kami sadar kegiatan seperti ini harus memerlukan waktu. Kami tetap menggandeng perbankan untuk melakukan pelatihan,” tutur Kris.

Sementara Ketua Umum Kelompok UMKM Pati (Kupat) Yuli Sanjoto mengakui berpindah ke dunia digital masih menjadi pekerjaan rumah bagi kelompoknya. Data ini tercermin dari 300 anggota Kupat tercatat belum ada setengah yang menggunakan pasar digital ini.

”Beralih ke ranah digital itulah kesulitan kami. Sebab itu kami terus 'nggenjot' untuk bekerjasama dengan sejumlah bank yang mempunyai fitur digital,” kata Yuli.

Bagi Yuli tidak mudah untuk berpindah. Apalagi banyak anggota Kupat terbiasa menggunakan sistem manual serta umur pelaku usaha didominasi usia tua.

Editor: Dani Agus

Komentar