Kamis, 29 Februari 2024

Maulid Nabi, Puluhan Anak Yatim di Bageng Pati Terima Santunan

Umar Hanafi
Kamis, 28 September 2023 02:32:00
Para anak yatim saat menerima santunan dari Yayasan Perguruan Islam (YPI) Monumen Mujahidin, Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati, Jawa Tengah, Kamis (28/9/2023). (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Puluhan anak yatim dan dhuafa  mendapatkan santunan dari Yayasan Perguruan Islam (YPI) Monumen Mujahidin, Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati, Jawa Tengah di momen Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (28/9/2023)

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan Maulid Nabi dan Haul Masyayikh PIM Mujahidin tahun 1445 H/2023. Santunan digelar di Aula Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin. 

Ketua Panitia Baitul Atiq mengatakan, terdapat 73 anak yatim dan dhuafa yang menerima santunan ini.  Mereka merupakan siswa-siswi sekolah/madrasah sahabat dari berbagai tingkatan di lingkungan Kecamatan Gembong. Ada pula sebagian siswa internal PIM Mujahidin.

”Sebanyak 95 persen penerima santunan berstatus anak yatim, selebihnya dhuafa. Dalam santunan tahun ini kami bagikan sejumlah uang dan barang kebutuhan pokok,” ujar dia.

Dia menambahkan, dana santunan bersumber dari partisipasi pengurus yayasan, keluarga, guru, orang tua/wali murid dan santri, serta para donatur lainnya.

”Semoga kita semua mendapat berkah dan ridho Allah swt,” harap dia.

Kegiatan ini telah terlaksana dalam beberapa tahun terakhir. Pihaknya berkomitmen, santunan anak yatim diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

”Santunan ini kita maknai sebagai wujud ungkapan rasa cinta kita, para orang tua, kepada anak-anak sekalian. Pesan kami, tetap semangat belajar, jangan berhenti mengaji, teruslah menuntut ilmu, lanjutkan ke jenjang lebih tinggi di sekolah maupun pondok pesantren,” harap dia.

Ketua Umum Pengurus YPI Monumen Mujahidin Bageng Kunadi mengucap syukur pada Allah dan terima kasih pada jajaran panitia yang telah mendarmabaktikan waktu, pikiran, dan dana demi terselenggaranya kegiatan ini.

Dia menyebut, rencana awal, pihaknya hanya akan memberikan santunan untuk 50 anak yatim dan dhuafa. Namun, berkat kerja keras panitia, ada 73 anak yatim dan dhuafa yang bisa dihadirkan.

”Ini kebanggaan tersendiri, wujud niat dan rasa syukur kami bersama masyarakat dan para donatur yang telah mewujudkan 'dana gotong royong' untuk menggelar kegiatan ini,” kata Kunadi.

Camat Gembong Tikno menyebut, YPI Monumen Mujahidin Bageng merupakan yayasan pendidikan tertua di wilayah Kecamatan Gembong. Sepanjang sejarah berdirinya, yayasan ini telah banyak berkiprah bagi masyarakat.

”Sudah banyak alumni yang lulus dari yayasan ini. Kita patut bersyukur dan berterima kasih pada yayasan yang telah berdedikasi bagi masyarakat,” kata dia.

Editor: Supriyadi

Komentar