Jumat, 1 Maret 2024

Kenalkan Batik Pati, Puluhan Pengrajin Bakal Gelar Fashion Show

Umar Hanafi
Jumat, 6 Oktober 2023 09:43:00
Sejumlah pengunjung saat melihat koleksi batik. (Dok.Murianews)

Murianews, Pati – Pengrajin batik Pati mencoba terus mengenalkan hasil kerajinannya. Mereka pun berencana mengadakan fashion show saat Car Free Day (CFD) di Alun-alun Pati mulai akhir pekan ini, Minggu (8/10/2023). 

Rencana itu diungkapkan oleh Tamzis Al-Annas, Ketua Komunitas Batik Pati. Sebanyak 30 pengrajin akan unjuk gigi dalam perhelatan ini. Diharapkan hal ini membuat pamor batik khas Pati meningkat. 

”Kami sedang mempersiapkan diri untuk even fashion show bagi para komunitas pengrajin batik di Pati,” kata Tamzis. 

Hadirnya acara fashion show memang sengaja diadakan untuk memunculkan komunitas pengrajin batik lebih banyak. Terutama para pengrajin batik dari pelosok Pati yang selama ini belum naik kepermukaan. 

Tamzis menilai acara ini akan menjadi momentum. Mengingat tidak hanya geliat pengrajin yang semakin bertumbuh dan bertambah lebih banyak. Dari sisi karya, corak motif hingga teknik pembuatan batik khas Pati memiliki perkembangan yang signifikan. 

Pertumbuhan ini dibuktikan dengan motif batik pesisir, tengahan, maupun pegunungan khas Pagi yang kian beragam. Dari batik pesisiran motif hasil tangkap laut menjadi ciri khas mereka. Seperti ikan dan suasana laut yang mendominasi. 

Sementara batik pegunungan Pati mengarah ke hasil alam. Seperti buah jeruk pamelo, buah duren dan kopi. Sedangkan tengahan berciri khas keraton dengan sogan gosongnya hingga kisah rakyat Saridin yang dijadikan motif batik. 

”Kami berharap dengan fashion show ini para pengrajin berani memasarkan produk mereka. Baik dalam bentuk baju, gaun hingga baju kerja,” terang Tamzis. 

Peragaan busana rencananya tidak hanya menggandeng pengrajin batik semata. Para pengrajin ekoprin dan batik (ekotik) serta pengrajin sibori dan batik (sibotik) akan turut digandeng untuk memeriahkan fashion show.

 

Editor: Supriyadi

Komentar