Kamis, 29 Februari 2024

Kebakaran di Pati Tembus 190 Peristiwa, Kerugian Rp 11 Miliar

Umar Hanafi
Sabtu, 4 November 2023 10:05:00
Pemadam Kebakaran mencoba menjinakkan si jago merah. (Murianews/Damkar Pati)

Murianews, Pati – Sebanyak 190 peristiwa kebakaran terjadi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), selama Januari hingga Oktober lalu. Kerugian atas kejadian ini pun mencapai Rp 11 miliar.

”Sampai saat ini kebakaran 190 kejadian dengan kerugian Rp 11 miliar,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati Sugiyono.

Salah satu kejadian kebakaran yang menelan kerugian besar yakni terjadi di Desa Langse RT 04 RW 01, Kecamatan Margorejo pada Rabu (25/10/2023) malam lalu.

Sebuah pabrik kripik lides dilalap si jago merah. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun, pemilik pabrik merugi tak kurang Rp 600 juta.

Kebakaran di Kabupaten Pati dipicu beberapa faktor. Mulai dari korsleting listrik, pembakaran sampah yang tak dijaga, hingga dipicu adanya kemarau panjang yang melanda Bumi Mina Tani.

Sugiyono mengatakan, maraknya kebakaran ini membuat pihaknya memerlukan tambahan armada mobil pemadam kebakaran (damkar) baru. Dari sembilan armada yang dimilikinya, lima unit di antaranya mengalami kerusakan

”Ini harus didukung sarana mobil damkar. Kita ada 9, tapi 5 Unit rusak, 4 operasional. Ini sangat sangat diperlukan tambahan sapras,” ungkap Sugiyono.

Pihaknya sudah dijanjikan untuk penambahan armada damkar baru. Rencananya, dua armada damkar dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati tahun 2024.

”Sudah dibahas pak sekda. Kita akan diberikan tambahan untuk mobil damkar. Tentu ini akan menjadi amunisi baru kami. Sehingga kami lebih cepat dan lebih dekat membantu masyarakat,” kata dia.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar