Jumat, 1 Maret 2024

Perbaikan Jalan Pati-Rembang Ditarget Rampung Sebelum Nataru

Umar Hanafi
Senin, 20 November 2023 13:28:00
Pengendara menumpuk di Jalan Pantura Pati-Rembang pada Kamis (16/11/2023) lalu. (Murianews/Umar Hanafi) 

Murianews, Pati – Perbaikan Jalan Pantura Pati-Rembang ditargetkan rampung sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Saat ini pembetonan jalan tersebut tengah digenjot. 

Sebanyak lima titik jalan di Kecamatan Batangan yang sedang diperbaiki. Mulai dari Desa Trimulyo (240 meter), Desa Raci (475 meter), Desa Ketitang Wetan ( 115 meter dan 220 m) serta Desa Bumimulyo ( 1,065 kilometer).

Sedangkan perbaikan lain dimulai dari berada di batas Kota Rembang. Tepatnya di Kecamatan Kaliori Rembang sepanjang 1,95 kilometer. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.2 Provinsi Jawa Tengah pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah- DI Yogyakarta, Dinar Pangayoman mengungkapkan awalnya proyek ini dijadwalkan rampung pada April 2024 sesuai paket multi years contract TA 2023-2024 yang telah disepakati. 

Namun lantaran proyek ini mengakibatkan jalan nasional tersebut rawan kemacetan, target awal dipercepat menjadi 10 Desember 2023. Diharapkan Jalan Pantura Pati-Rembang dapat digunakan saat libur Nataru. 

”Sebagai catatan, khusus untuk segmen Kecamatan Batangan Pati ditargetkan selesai pada 10 Desember 2023,” ujar Dinar, Senin (20/11/2023). 

Ia mengatakan pertimbangan percepatan proyek ini lantaran untuk memperlancar arus lalu lintas khususunya saat Nataru. Pasalnya jalan penghubung antar provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur itu tidak memiliki jalan alternatif untuk kendaraan berat. 

”Kondisi ini berbeda dengan Pantura Barat yang lebih lebar dan memiliki alternatif tol. Jadi kemacetan dapat dihindari,” terang Dinar. 

Perbaikan jalan ini membuat pengendara dari dua arah menggunakan detour (jalur sementara). Meski dengan kecepatan rendah, penggunaan jalur sementara dapat mengurangi kepadatan penumpukan kendaraan. 

Sebelumnya, Jalan Pantura Pati-Rembang mengalami kemacetan pada pekan lalu. Kemacetan dari Jalan Lingkar Selatan Pati hingga Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. 

Kemacetan ini terjadi lantaran jalur sementara yang bermateri tanah amblas setelah diguyur hujan. Kendaraan pun padat merayap selama lebih dari 45 jam. 

Editor: Supriyadi

Komentar