Kamis, 29 Februari 2024

Balap Liar Marak, Polresta Pati Gencarkan Razia Malam

Umar Hanafi
Senin, 27 November 2023 13:54:00
Puluhan motor disita Polsek Juwana setelah diduga digunakan untuk balap liar (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Balap liar marak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng). Jalan Lingkar Selatan (JLS) berubah menjadi lintasan balap liar saat malam hari. Khususnya malam Minggu. Karena itu, jajaran Polresta Pati pun menggencarkan razia.

Pada malam Minggu (26/11/2023) kemarin, mereka mendapati sejumlah titik yang digunakan untuk balap liar oleh sejumlah pemuda. Mulai dari Jalan Pantura Pati-Kudus hingga Jalan Protokol Juwana.

Dalam operasi itu, setidaknya 44 kendaraan disita pihak kepolisian. Sebanyak 24 dari sitaan Satlantas Polresta Pati dan 20 kendaraan lainnya dari sitaan Polsek Juwana.

”Sasaran kami tiga titik yaitu di Jalan Pati-Margorejo atau Pati-Kudus tepatnya di depan Hutan Kota, depan RS KSH Pati sampai Plaza Pragolo Pati, Jalan P Sudirman dan Jalur Lingkar Selatan Pati. Kami menjaring 24 pelanggaran dengan sepeda motornya disita,” ucap Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri, Senin (27/11/2023).

Puluhan kendaraan itu disita lantaran berknalpot brong dan beberapa tidak dilengkapi dengan STNK. Diharapkan angka balap liar dan kendaraan berknalpot brong semakin turun di Kabupaten Pati.

Razia itu digelar untuk mengantisipasi atau menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, balap liar serta kejahatan jalanan di wilayah hukum Polresta Pati. Operasi tersebut merupakan salah satu langkah preventif untuk cipta kondisi. Khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

”Perilaku tersebut sangat mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya, hal inilah yang perlu diantisipasi sejak awal, oleh karena itu penindakan terhadap knalpot brong akan terus dilakukan secara masif agar Kabupaten Pati semakin kondusif,” tandas dia.

Sementara itu, Polsek Juwana berhasil menjaring 20 sepeda motor knalpot brong dalam razia tersebut. Puluhan motor tersebut langsung dibawa ke Mako Polsek Juwana.

”Sesuai dengan perintah Bapak Kapolresta, untuk knalpot racing kita lakukan razia. Kami menjaring atau mengamankan 20 motor yang kedapatan tidak standar knalpotnya,” ujar Kapolsek Juwana AKP Ali Mahmudi.

Editor: Cholis Anwar

Komentar