Rabu, 21 Februari 2024

Sisir Pelanggaran Kampanye Medsos, Relawan Bawaslu Pati Bergerak

Umar Hanafi
Rabu, 29 November 2023 16:18:00
Relawan sedang menyisir kampanye di media sosial, Rabu (29/11/2023). (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati menggerakkan relawan untuk menyisir pelanggaran kampanye di media sosial (medsos). Ini dilakukan agar kecurangan kampanye dapat segera ditindak. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Supriyanto mengatakan, pihaknya membentuk Gugus Tugas untuk menyisir kampanye di medsos. Sebanyak 25 mahasiswa tergabung dalam Gugus Tugas ini. 

”Salah satu metode kampanye medsos. Maka dari itu kita melakukan pengawasan dengan mengerahkan relawan apakah kampanye sudah sesuai aturan atau tidak,” ujar dia, Rabu (29/11/2023). 

Pihaknya menggandeng para mahasiswa ini lantaran personel Bawaslu Pati terbatas. Bawaslu Pati dari tingkat kabupaten hingga desa berjumlah 657 personel. 

”Maka kami dibantu Gugus Tugas yang jumlah personelnya 25 orang. Kami juga dibantu 10 anggota Saka Adhyaksa Kabupaten Pati,” kata dia. 

Mereka menyisir akun-akun media sosial dan unggahan kampanye selama 75 hari. Mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 nanti. Bila menemukan konten yang melanggar, para relawan ini langsung melaporkan ke Bawaslu Kabupaten Pati. 

”Ada beberapa larangan bagi para peserta Pemilu dalam berkampanye di media sosial. Di antaranya hoax, kampanye SARA dan kampanye hitam,” tutur dia. 

Sementara itu, salah satu anggota Gugus Tugas, Muhammad Aim mengaku seneng dengan peran yang dilakukan. Ia berharap langkah ini bisa menyukseskan Pemilu 2024 dan meminimalisir kecurangan selama kampanye. 

”Tentu Kami senang, kita bisa ikut mengawasi dan berpartisipasi dalam pengawasan Pemilihan umum 2024. Kendalanya, link medsos yang diberikan parpol tidak terbaca,” tandas dia. 

Editor: Supriyadi

Komentar