Rabu, 28 Februari 2024

KPU Pati Terima 3,18 juta Lembar Surat Suara Pileg

Umar Hanafi
Sabtu, 9 Desember 2023 12:38:00
Pengiriman Suarat Suara Pileg di KPU Pati (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menerima 3,18 juta lembar surat suara, Sabtu (9/12/2023). Jutaan surat suara itu untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2024, mulai dari pemilihan DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR RI.

Surat suara ini dicetak di PT Temprina Media Grafika Surabaya sejak beberapa waktu lalu. Proses pengiriman dilakukan pada Jumat (8/12/2023) kemarin dan sampai di Kabupaten Pati pada Sabtu dini hari.

”Kami telah menerima surat suara tiga pemilihan legislatif. DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Untuk jumlahnya kami menerima 6 truk dengan total 6.378 koli dan lembarannya 3.186.686 lembar,” ujar Kasubag keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Pati, Ulin Mahfudiansyah.

Ia mengungkapkan, jutaan surat suara itu sudah termasuk untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). Setiap daerah pemilihan (dapil) mendapatkan 1.000 lembar surat suara untuk PSU. Di Kabupaten Pati sendiri terdapat 5 dapil.

”Kerusakan kita belum pastikan. Karena perlu sortir terlebih dahulu. Cadangan antisipasi kerusakan juga belum ada. Setelah sortir kita laporan kalau ada kerusakan. Untuk kerusakan surat suara DPRD Provinsi dan DPR RI ada di KPU Provinsi,” tutur dia.

Ia mengungkapkan KPU Kabupaten Pati masih menunggu surat suara Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan surat suara Pemilihan Presiden (Pilres) 2024.

”Tahapan selanjutnya setelah menerima lengkap kita lakukan soltir dan pelipatan di Kantor KPU,” kata dia.

Bawaslu Kabupaten Pati ikut membantu penurunan surat suara ke Gudang Bawaslu tersebut. Pengawasan pendistribusian ini bahkan dari percetakan di Surabaya, Jawa Timur.

”Kita pastikan sampai gudang KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan.  Hasil pengawasan kami truk yang terbongkar semua lengkap dan utuh boxnya. Tapi untuk kelayakan kami masih menunggu hasil sortir dan lipat surat suara yang dilakukan oleh KPU,” pungkas Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Supriyanto.

Editor: Cholis Anwar

Komentar