Jumat, 1 Maret 2024

Jalan Tlogowungu-Lahar Pati Dibeton Pusat, Telan Rp 16 Miliar

Umar Hanafi
Senin, 11 Desember 2023 16:07:00
Pengendara melintasi perbaikan Jalan Tlogowungu-Lahar. (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Jalan Tlogowungu-Lahar, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), sedang dalam perbaikan oleh Pemerintah Pusat. Total anggaran untuk perbaikan betonisasi jalan itu mencapai Rp 16 miliar.

Salah satu warga Desa Lahar, Angga mengaku senang dengan perbaikan jalan ini. Pasalnya, salah satu jalan alternatif Pati-Jepara itu sudah mengalami kerusakan lebih dari satu tahun.

”Rusak jalan itu sudah sejak lama. Setiap ada musim hujan pengendara malas lewat. Apalagi jalan perbatasan Desa Lahar dan Desa Sumbermulyo,” kata Angga, Senin (11/12/2023).

Sebelum diperbaiki, jalan itu penuh lubang yang berair dan bercampur lumpur. Pengendara terpaksa menurunkan laju kendaraan untuk menghindari kubangan di jalanitu.

Jalan yang merupakan salah satu akses menuju tempat wisata Waduk Gunung Rowo Kerusakan jalan Tlogowungu-Lahar juga sempat menimbulkan korban.

”Pernah ada yang jatuh juga. Kerusakan karena sering kendaraan besar lewat, intensitas hujan dan adanya truk tambang juga yang sering lewat,” kata dia.

Sejak bulan lalu, jalan Tlogowungu-Lahar mulai diperbaiki. Saat ini, jalan tersebut hampir selesai diperbaiki. Tinggal menyisakan beberapa titik. Sejumlah pekerja tampak masih sibuk memasang kerangka jembatan.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang (Plt Kabid) Bina Marga DPUTR Kabupaten Pati, Hasto Utomo mengatakan perbaikan jalan ini dilakukan oleh pemerintah pusat. Total anggaran untuk perbaikan Jalan Tlogowungu-Lahar sebesar Rp 16 miliar.

Sebelumnya, pihaknya mengusulkan bantuan perbaikan jalan kepada Pemerintah Pusat yang bersandarkan pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

”Itu pekerjaan Inpres jalan daerah yang menangani langsung Balai Jalan Nasional. Pemda hanya mengusulkan dengan usulan panjang 3 km dan usulan anggaran Rp 16 miliar,” ujar dia.

Hasto mengungkapkan, pihaknya memang mengusulkan perbaikan jalan Tlogowungu-Lahar dengan betonisasi. Sebelumnya, jalan itu berlapiskan aspal. Namun lantaran sering dilewati kendaraan berat hasil tambang galian C, jalan itu mudah mengalami kerusakan.

”Kami minta Balai Jalan untuk diusulkan dengan konstruksi beton karena yang lewat banyak truk muatan berat galian C,” tandas dia.

Editor: Cholis Anwar

Komentar