Rabu, 21 Februari 2024

1.600 Personel TNI-Polri Dikerahkan Amankan Pemilu 2024 di Pati

Umar Hanafi
Senin, 12 Februari 2024 17:49:00
Personel TNI-Polri mengikuti apel siagakan di Halaman Stadion Joyokusumo Pati, Senin (12/2/2024) sore. (Murianews/Umar Hanafi) 

 

Murianews, Pati – Sebanyak 1.600 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Pemilu 2024 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mereka bakal disebar di 406 desa/kelurahan di Bumi Mina Tani. 

Seribu lebih personel Polresta Pati dan Kodim 0718/Pati disiagakan di Halaman Stadion Joyokusumo Pati, Senin (12/2/2024) sore. Dengan menggunakan seragam lengkap dan tas ransel mereka mengikuti Apel Pergeseran Pasukan. 

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memimpin apel tersebut secara langsung. Ia didampingi Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama dan Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi. 

”Dalam apel ini, kita berikan pemahaman lebih luas. Ada yang bertugas di TPS maupun di BKO,” kata Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. 

Ia berharap seribuan personel ini dapat menjaga Pemilu di Kabupaten Pati, sehingga pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan sukses. Selain TNI/Polri, anggota Satpol PP Kabupaten Pati dan Dinkes Kabupaten Pati juga ikut mengamankan Pemilu. 

”Kami menyadari Polresta Pati tidak mampu bekerja sendiri! Maka kami terimakasih kepada jajaran lainnya yang bertugas bersama. Apel ini untuk menyamakan persepsi. 

Sementara itu, Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama menjabarkan, seribuan personel ini bertugas di sejumlah TPS dan di 21 kecamatan di Kabupaten Pati. 

”Untuk kegiatan pengamanan sebanyak 1.600 personel. Untuk mengamankan TPS sebanyak 567 personel Polri dan 147 personel TNI. Sisanya satgas yang melaksanakan tugas masing-masing sesuai ploting. Ada yang mobile dan stastis juga,” kata dia. 

Ia juga berharap para personel ini tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. Menurutnya hal itu harus dijaga personel TNI/Polri agar Pemilu 2024 ini berjalan dengan jujur dan adil. 

Sebagai informasi, TPS di Kabupaten Pati berjumlah 4.402 unit. Ribuan TPS ini tersebar di 406 kelurahan dan desa. Terdapat satu TPS khusus di Lapas Pati. 

Editor: Supriyadi

Komentar