Kamis, 29 Februari 2024

Eceng Gondok Ternyata Bisa Bikin Ternak Gemuk dan Sehat

Vega Ma'arijil Ula
Kamis, 20 Juli 2023 16:05:00
Pelatihan pemanfaatan eceng gondok untuk pakan ternak. (Murianews/Vega Ma'arijil Ula)

Murianews, Kudus – Eceng gondok masih belum banyak dilirik sebagai pakan ternak alternatif. Padahal eceng gondok mempunyai kadar protein tinggi yang mampu membuat ternak gemuk dan sehat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus Agus Setiawan menyampaikan, ada berbagai manfaat yang terdapat pada eceng gondok. 

”Eceng gondok ini punya manfaat yang bagus bagi hewan ternak karena kadar proteinnya tinggi mencapai 12 persen,” katanya, Kamis (20/7/2023).

Menurutnya, eceng gondok berdampak bagus bagi pertumbuhan hewan ternak. Sehingga layak dicoba sebagai pakan ternak.

Selain itu, eceng gondok mudah ditemukan di hampir semua titik di daerah Undaan, Kabuoaten Kudus. Sehingga tidak sulit didapatkan. ”Bahan bakunya melimpah dan murah,” sambungnya.

Menurutnya, pakan eceng gondok perlu dicoba peternak. Sehingga peternak tidak hanya bergantung pada rumput saja.

”Supaya peternak dapat memanfaatkan eceng gondok juga. Tidak hanya bergantung pada rumput-rumput saja sebagai pakan ternak,” terangnya.

Dispertan Kudus pun mengajari para peternak di Undaan Kudus untuk mengolah eceng gondok menjadi pakan ternak yang kaya protein. Pelatihan itu digelar di  Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Reporter: Vega Ma'arijil Ula

Editor: Ali Muntoha

Komentar