Rabu, 28 Februari 2024

Desa di Kudus Ini Tempat Penemuan Bagian Tubuh Manusia Purba

Vega Ma'arijil Ula
Senin, 21 Agustus 2023 16:19:00
Warga melihat diorama manusia purba di Museum Situs Patiayam Kudus. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Fosil manusia purba ditemukan di kawasan situs Patiayam yang masuk di wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ada dua desa yang menjadi lokasi penemuan bagian tubuh manusia purba.

Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya ada dua kali penemuan bagian tubuh manusia purba. Yakni pada tahun 2018 dan tahun 2022, lokasinya berada di Gondoharum dan Desa Terban.

Edukator sekaligus petugas Museum Patiayam Kudus, Ari Mustaqim mengatakan di tahun 2018 ditemukan fosil kaki bagian paha manusia purba. Namun, belum diketahui fosil tersebut merupakan paha kaki kanan atau kaki kiri manusia purba.

”Fosilnya bagian paha tetapi kami belum mengetahui itu kaki kanan atau kiri. Karena setelah ditemukan langsung kami bawa ke Sangiran (Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, red),” katanya, Senin (21/8/2023).

Lebih lanjut, dari Sangiran fosil tersebut dikaji di Balai Konservasi Borobudur. Pengkajian tersebut masih berlangsung, salah satu tujuannya untuk menentukan jenis manusia purba itu. 

”Lokasi temuannya di kawasan Patiayam yang sudah masuk ke Desa Gondoharum. Penemunya saat itu bernama Pak Sutopo,” sambungnya.

Lebih lanjut pihaknya belum mengetahui kapan hasil kajiannya keluar. Sebab, pengkajian fosil manusia purba lebih sulit dibandingkan ketika mengkaji fosil hewan.

”Hasil kajiannya belum tahu karena mengkaji fosil manusia purba harus detail dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tidak berhenti di situ, pada 2022 silam juga pernah ditemukan fosil gigi manusia purba. Jenisnya yakni Homo Erectus.

”Pada Februari 2022 pernah ditemukan fosil gigi manusia purba Homo Erectus. Temuannya gigi geraham di Desa Terban,” terangnya.

Dirinya menyebut dengan adanya penemuan fosil-fosil tersebut menunjukkan bukti adanya kehidupan manusia purba di kawasan Patiayam. Namun, memang tidak banyak literasi terkait manusia purba. 

”Memang ada beberapa fragmen fosil manusia purba yang ditemukan. Masih membutuhkan penelitian dan kajian yang berkelanjutan terkait kehidupan manusia purba di kawasan Patiayam,” pungkasnya.

Editor: Ali Muntoha

Komentar