Senin, 4 Maret 2024

Batik Kudus Punya Potensi Bersaing hingga Internasional

Vega Ma'arijil Ula
Senin, 2 Oktober 2023 14:31:00
Salah satu produk batik Kudus. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Batik Kudus, Jawa Tengah dinilai mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Hal ini lantaran batik Kudus punya keunikan mengangkat kearifan lokal.

Pegiat batik sekaligus Owner Galeri Gentamas Kudus, Dasa Gentawati mengatakan, batik Kudus punya potensi yang bagus. Pihaknya menilai kearifan lokal Kudus yang dituangkan ke batik diminati konsumen. 

”Batik Kudus itu berbeda dengan batik dari daerah lain. Karena batik Kudus lebih mengangkat cerita-cerita lokal seperti air tiga rasa, kawasan Muria, dan kawasan Patiayam. Sehingga menarik,” katanya, Senin (2/10/2023).

Dirinya menilai dari segi warna, batik Kudus juga bagus. Saat ini dirinya juga mengikuti pendampingan agar produk batik Kudus dapat dikenal di kancah internasional.

”Pendampingan untuk ekspor terus ada. Keunikan-keunikan batik Kudus yang selalu mengangkat kearifan lokal ini yang menjadi daya tarik tersendiri,” ujarnya.

Hal senada diutarakan pegiat batik di Kudus, Muhammad Fadloli. Dirinya sependapat batik Kudus punya kualitas di kancah nasional maupun internasional.

”Saya melihatnya batik Kudus punya motif yang unik. Terutama untuk motif kuno. Keunikan inilah yang tidak dimiliki daerah lainnya,” terangnya.

Menurut dia, motif batik Kudus cenderung unik karena rumit. Kerumitan motif dari batik Kudus itu bahkan sudah ada sejak tahun 1910.

”Motif batik Kudus kuno itu rumit tetapi justru unik dan ini sudah ada sejak tahun 1910 sampai 1930,” sambungnya.

Tidak berhenti di situ, kearifan lokal yang dituangkan menjadi batik juga memiliki minat tersendiri di kalangan konsumen.

”Batik ikonik atau yang mengangkat kearifan lokal seperti air tiga rasa, Menara Kudus, Gerbang Kudus Kota Kretek, legenda Bulusan itu semakin membuat konsumen tertarik dengan batik,” imbuhnya.

Editor: Ali Muntoha

Komentar