Rabu, 28 Februari 2024

Kawasan Patiayam Kudus Pernah Jadi Laut, Rawa hingga Darat

Yuda Auliya Rahman
Senin, 24 Juli 2023 16:36:00
Foto: Muhammad Mujibur Rohman Pamong Budaya Ahli Pertama Museum dan Cagar Budaya unit Sangiran (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Kawasan Purbakala Patiayam di Desa/Kecamatan Terban, Kudus, Jawa Tengah pernah menjadi tiga kawasan yang berbeda. Di antaranya kawasan dengan lingkungan laut, rawa, hingga terakhir menjadi lingkungan darat. Hal ini terungkap dalam seminar hasil kajian koleksi Museum Purbakala Patiayam, Senin (24/7/2023).

Muhammad Mujibur Rohman, Pamong Budaya Ahli Pertama Museum dan Cagar Budaya unit Sangiran mengatakan, ada 66 koleksi fragmen hingga fosil fauna koleksi Museum Purbakala Patiayam yang dikaji beberapa waktu lalu.

”Dalam kajian itu kami konsentrasi untuk menggali nilai dan cerita dibalik ditemukannya fragmen hingga fosil fauna tersebut,” katanya Senin (24/7/2023).

Dari hasil kajian dari puluhan fragmen hingga fosil itu, sambung dia, ternyata di kawasan Patiayam dulunya merekam sejarah perubahan lingkungan. Hal ini terlihat dari ditemukannya berbagai macam fosil fauna, seperti kerang purba, buaya purba, hingga kudanil purba.

”Dilihat dari sisa lapisan tanah dan fosil itu, ada perubahan yang dulunya lingkungan laut, berubah menjadi rawa, dan berubah menjadi lingkungan darat. Darat misalnya ada fragmen fosil kudanil yang saat ini sudah sangat jarang ditemui di wilayah Kudus. Untuk laut ada kerang, dan darat ada buaya,” ujarnya.

Tak hanya itu, beberapa jejak manusia purba juga ditemukan di kawasan Patiayam. Seperti adanya tulang hingga peralatan dari bebatuan.

”Ini yang membuat kawasan patiayam istimewa, ada berbagai macam sejarah purbakala dengan lingkungan yang berbeda-beda disana,” ucapnya.

Editor: Dani Agus

Komentar