Jumat, 23 Februari 2024

Masih Banyak Motor Knalpot Brong di Kudus, Ini Tindakan Polisi

Yuda Auliya Rahman
Jumat, 11 Agustus 2023 14:25:00
Ilustrasi: Motor knalpot brong ditindak Satlantas Polres Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Sepeda motor dengan knalpot brong masih marak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Hal ini terlihat dalam empat hari terakhir, polisi berhasil menindak 33 motor yang menggunakan knalpot bersuara keras itu.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo mengatakan, penindakan knalpot brong akan terus dilakukan sebagai upaya menjaga ketertiban umum. Selain itu juga sebagai langkah antisipasi kerawanan dan kericuhan yang bisa timbul akibat kendaraan berknalpot brong yang berlalu-lalang.

”Penindakan secara kasat mata atau secara langsung kami lakukan pada kendaraan yang berknalpot brong atau standar,” katanya, Jumat (10/8/2023).

Ia menjelaskan, penindakan yang dilakukan ini sebagai tindak lanjut atensi dari Kapolda Jateng dalam menanggapi keresahan warga terkait masih adanya penggunaan knalpot brong. Penertiban juga akan terus dilakukan sampai para pengguna knalpot brong tersebut jera.

”Empat hari ini ada 33 kendaraan yang kami tilang. Sebagian besar pengendaranya masih berusia remaja. Saat mengambil motor mereka juga kami perintahkan untuk menggantinya dengan knalpot standar," ucapnya.

Selain penindakan, sambung dia, selama ini sosialisasi juga dilakukan door to door ke sekolah SMA. Para pelajar diajak untuk tertib berlalu lintas dan tidak lagi menggunakan knalpot brong.

”Kami juga terus melaksanakan sosialisasi. Baik tentang peraturan berlalu lintas maupun larangan knalpot brong. Karena suara yang timbul dari penggunaan knalpot brong sangat mengganggu ketertiban umum," pungkasnya.

Editor: Ali Muntoha

 

Komentar