Rabu, 28 Februari 2024

Fosil yang Dipamerkan Museum Purbakala Patiayam Kudus Bertambah

Yuda Auliya Rahman
Senin, 21 Agustus 2023 18:24:00
Ruang display baru Museum Purbakala Patiayam (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Fosil purbakala yang dipamerkan di Museum Purbakala Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah bakal bertambah.

Itu menyusul telah selesainya penataan di Museum Purbakala Patiayam Kudus. Ruang display di Gedung Kembar Museum Purbakala Patiayam telah diperluas.

Saat ini, setidaknya ada 200 fragmen atau fosil purbakala yang dipamerkan di lantai bawah gedung kembar Musuem Purbakala Patiayam.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah mengatakan, penataan ruang display pada gedung kembar sudah rampung pertengah Juli 2023 lalu.

Adanya tatanan baru tersebut, tentu akan membuat masyarakat semakin bisa melihat sejarah purbakala yang dimiliki Kudus.

’’Koleksi yang dipamerkan ini sudah bertambah banyak, dengan penataan di etalase-etalase yang kami buat. Dulu ada sekitar 99 fragmen yang dipamerkan. Saat ini, menjadi 200-an fragmen yang dipamerkan,’’ katanya, Senin (21/8/2023).

Di ruang display juga telah dilengkapi informasi dari fosil atau fragmen yang dipamerkan. Ini tentu akan memberikan edukasi atau pemahaman dari pengunjung Museum Purbakala Patiayam.

’’Dari segi artistik juga nampak bagus untuk dilihat. Petugas kami juga siap memberikan penjelasan ketika ada pengunjung yang datang,’’ ungkapnya.

Sementara, di ruang penyimpanan di lantai II Museum Purbakala Patiayam ada sekitar 10.700an fosil fosil purbakala dari fauna darat ataupun laut.

 

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar