Kamis, 29 Februari 2024

Skripsi tak Jadi Syarat, Rektor UMKU Ambil Langkah Ini

Yuda Auliya Rahman
Jumat, 8 September 2023 09:42:00
Rektor UMKU Dr Rustono (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Skripsi saat ini tak lagi sebagai syarat kelulusan yang wajib untuk mahasiswa S1 ataupun D4. Saat ini, selain skripsi juga ada opsi tugas akhir yang bisa dilakukan secara berkelompok dengan penerapan kurikulum berbasis proyek atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis.

Meski aturan ini tertuang dalam Permendikbudristek No 53 Tahun 2023. Namun, keputusan tersebut menjadi pilihan yang kembali diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi.

Menanggapi kebijakan tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Dr Rusnoto memberikan tanggapan. Menurutnya, kebijakan terbaru itu akan lebih memudahkan kampus jika diperbolehkan untuk memilih.

”Jika kebijakannya seperti itu kami ikuti saja. Jika tidak nanti malah seakan akan mempersulit mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan,” katanya, Jumat (8/9/2023).

Saat ini, pihaknya masih menunggu pentunjuk lebih lanjut. Ketika nantinya memang diperbolehkan memilih selain skripsi, pihaknya akan memberi kelonggaran kepada mahasiswa untuk memilih tugas akhir yang dikerjakan.

”Kami beri keleluasaan kepada mahasiswa, terserah mahasiswa.Tentu kami dari pihak kampus akan mendukung dan memfasilitasinya, misal tugas akhir dipilih mengabdi di desa atau di industri kami akan fasilitasi,” ungkapnya.

Editor: Budi Santoso

Komentar