Jumat, 1 Maret 2024

SMPN 1 Kudus Terbaik di Fashion Art 2023

Yuda Auliya Rahman
Senin, 18 September 2023 14:44:00
Salah satu busana yang ditampilkan SMPN 1 Kudus dalam Fashipn Art 2023 Hari Jadi Kudus ke-474 (Murianews/ Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – SMPN 1 Kudus didapuk menjadi juara dalam Fashion Art 2023 yang digelar di Alun – alun Simpang Tujuh Kudus pada Sabtu, (16/9/2023) malam. Dalam acara tersebut, SMPN 1 Kudus menampilkan sebelas siswa dengan berbagai gaya busana yang sangat menarik.

Berbagai perpaduan kultur budaya terlihat dikemas dan dipakai oleh para siswa SMPN 1 Kudis. Mereka tampil dihadapan ribuan masyarakat dan sejumlah pejabat daerah.

Eko Purnomo, Ketua Fashion Art SMPN 1 Kudus mengatakan, busana yang ditampilkan sekolahnya mengambil tema perpaduan Kudus Kota Empat Negeri. Dimana mengemas akulturasi budaya Jawa, Cina, Arab dan Eropa dalam setiap busana.

Total ada enam busana yang dipakai sebelas siswa yang menggambarkan akulturasi Kudus Kota Empat Negeri. Semuanya merupakan desain dan rancangan dari siswa SMPN 1 Kudus.

”Kami angkat tema etnic kudusan dengan akulturasi budayanya. Seperti caping kalo, batik, kebaya, payung, selendang, hingga beberapa unsur lain yang menggambarkan Jawa, Cina, Arab, dan Eropa,” katanya, saat ditemui di SMPN 1 Kudus, Senin (18/9/2023).

Tema tersebut, sambung dia, diambil lantaran ingin menggali dan memperkenalkan secara luas potensi akulturasi budaya yang ada di Kudus. Sehingga, masyarakat, khususnya para pelajar tahu tentang Kudus Kota Empat Negeri.

”Kami requets ke butik pembuatnya untuk busana itu untuk kami aewa, khusus untuk tampil di Fashion Art 2023,” ungkapnya.

Editor: Budi Santoso

Komentar