Kamis, 29 Februari 2024

TMMD Kudus, Dukung Percepatan Ekonomi dan Peningkatan Wisata

Yuda Auliya Rahman
Rabu, 20 September 2023 13:27:00
Penandatanganan tanda dimulainya TMMD Sengkuyung tahap III di Pedawang Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung tahap III di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dimulai pada Rabu, (20/9/2023). Kegiatan ini, salah satunya menyasar pada betonisasi jalan.

Betonisasi jalan ini dinilai sebagai bentuk sinergitas Pemerintah Kabupaten dan TNI dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Melalui akses jalan yang lebih mudah, percepatan ekonomi bisa berjalan.

Betonisasi jalan yang dibangun di TMMD, salah satunya merupakan akses menuju kebun nanas yang saat ini tengah digalakkan menjadi daya tarik wisata. Kawasan wisata ini menyuguhkan edukasi didalamnya.

”Ini membuat akses yang lebih baik dan mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya mendukung perkembangan wisata kebun nanas,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (20/9/2023).

Menurutnya, selama ini pelaksanaan TMMD di Kudus begitu baik dan tepat sasaran. Pembagunan jalan yang jadi sasaran fisik, menjadikan raktifitas masyarakat lebih efisien, dengan akses jalan yang dibangun itu.

”Memang perlu membuka akses-akses jalan untuk perekonomian, sehingga bisa lebih efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Sasaran non fisiknya juga akan memberikan pemahaman tentang berbagai hal yang lebih luas kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sasaran fisik TMMD kali ini, berupa betonisasi jalan sepanjang 700 meter, lebar tiga meter, dan tebal 15 cm. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan.

Selain itu, ada juga sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang radikalisasi dan terorisme, penyuluhan bintal, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan. Kemudian juga penyuluhan desa tanggap bencana, hingga penyuluhan narkoba dan kamtibmas.

Editor: Budi Santoso

Komentar