Senin, 4 Maret 2024

Kasus Kafe Karaoke, Pemdes Ngembalrejo Kudus akan Lapor Polisi

Yuda Auliya Rahman
Rabu, 20 September 2023 15:19:00
Penyegelan kafe karaoke di tanah bengkok Desa Ngembalrejo beberapa waktu lalu (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Pemdes Ngembalrejo (Pemerintah Desa Ngembalrejo), Kudus, Jawa Tengah, akan melapor ke Polisi. Hal ini terkait dengan kasus kafe karaoke yang berdiri di atas lahan bengkok desa mereka.

Laporan akan dilakukan karena, kafe karaoke tersebut masih nekat beroprasi tanpa seizin Pemdes. Padahal, beberapa hari lalu, kafe tersebut izin sewanya telah diputus.

Selain itu, kafe karaoke itu juga dilakukan penyegelan oleh pihak pemdes karena telah menyalahi kesepakatan awal. Sebelumnya, dalam kesepakatan awal, lahan bengkok desa itu akan digunakan untuk resto dan pemancingan.

Kades Ngembalrejo Mohammad Zakaria mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya hukum ke kepolisian terkait permasalahan ini. Terlebih, pengelola kafe kembali beroprasi tanpa seizin pemerintah desa setelah adanya penyegelan.

Diduga beroprasinya kafe karaoke tersebut dilakukan setelah merusak segel dan kunci untuk akses masuk. Sehingga mereka bisa beroperasi kembali.

”Kami akan lakukan upaya untuk lapor ke polisi, kami segerakan,” katanya, Rabu (20/9/2033).

Saat ini, tengah dikumpulkan bukti-bukti untuk ‘menyeret’ pihak pengelola kafe karaoke tersebut ke ranah hukum. Kuasa Hukum Pemdes Ngembalrejo, Saiful Anas mengungkapkan, beroprasinya kembali kafe karaoke itu setelah disegel pihak pemdes, telah melanggar dua pasal pidana.

”Yang pertama itu masuk ke pekarangan tanpa izin, yang kedua melakukan pengrusakan. Karena itu kan sudah ada surat pemutusan perjanjian sewa menyewa dan ditindaklanjut dengan penyegelan dan diminta untuk mengosongkan 3 x 24 jam,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menenggarai beberapa unsur pidana lain yang dilakukan oleh pihak pengelola kafe karaoke. Dimana di kafe karaoke tersebut juga mempekerjakan pekerja di bawah umur.

”Itu juga bisa kena karena mempekerjakan LC di bawah umur. Ada miras itu, juga disana pernah mengakibatkan perkelahian, dan dampak terburuknya jika itu dibiarkan akan fatal,” jelasnya.

Editor: Budi Santoso

Komentar