Jumat, 23 Februari 2024

Abu Tholut Sebut Pemilu Rawan Dimanfaatkan Kelompok Radikal

Yuda Auliya Rahman
Senin, 25 September 2023 20:16:00
Eks Napiter Abu Tholut (tengah) yang memberikan wanti-wanti jelang Pemilu 2024 (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Eks narapidana teroris (napiter) asal Kudus Abu Tholut menyebut jika pemilu rawan dimanfaatkan oleh kelompok radikal. Menurutnya, pihak yang tak bertanggung jawab ini, bisa saja memanfaatkan situasi dan dapat memperkeruh suasana.

”Rawan pihak-pihak yang bisa jadi memanfaatkan momen untuk menjadi suatu hal yang negatif,” ungkapnya ditemui di MVR Kudus, Senin (25/9/2023) petang.

Karena itu, Mantan Ketua Mantiqi wilayah III Jamaah Islamiyah (JI) ini pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu tidak benar yang berkembang.

”Saya mengimbau dalam ini kepada masyarakat Indonesia secara umum untuk tidak terpengaruh adanya isu yang tidak benar, hoaks dan lainnya yang bisa memperkeruh suasana pesta demokrasi nanti,” imbuanya.

Pihaknya juga menyoroti konflik-konflik lain yang dimungkinkan bisa terjadi saat pesta demokrasi nanti. Konflik, sambung dia, juga dimungkinkan rawan dari kelompok yang memiliki kepentingan yang terlibat dalam pemilu.

Meski demikian, pihaknya yakin jika dari pihak penegak hukum dan sejumlah instansi terkait pastinya sudah menyusun rencana program pengamanan dan ketertiban.

”Tapi ketika tidak didukung masyarakat luas, tidak mungkin penegak hukum bisa berperan tanpa dukungan masyarakat,” ujarnya.

 

Editor: Cholis Anwar 

Komentar