Jumat, 1 Maret 2024

Simulasi! Kericuhan di Alun-Alun Kudus Pecah, Polisi Pasang Badan

Yuda Auliya Rahman
Selasa, 26 September 2023 11:05:00
Sispamkota yang menggambarkan kericuhan dan pengamanan yang dimungkinkan bisa terjadi saat pemilu 2024 nanti, (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Kericuhan yang dilakukan sekelompok massa terjadi di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Selasa (26/9/2023). Massa yang bergerombol terlihat mengamuk dan melakukan pembakaran di depan komplek Kantor Bupati Kudus.

Situasi kekacauan ini terlihat cukup panas dengan massa yang melempari ratusan polisi yang ’pasang badan’ melakukan pengamanan. Situasi tampak cukup mencekam saat itu.

Personel negosiator polwan juga diterjunkan untuk meredam emosi massa yang mulai tak terbendung. Namun, upaya tersebut belum berhasil, hingga aparat menerjunkan personel dalmas lanjutan, anjing polisi K9 hingga armada water canon untuk mengurasi massa yang mengamuk di pusat kota ini.

Meski demikian, kondisi kericuhan ini bukan kondisi sesungguhnya yang terjadi. Kericuhan dan pengamanan yang terjadi itu, hanya merupakan kegiatan simulasi pengamanan kota (sispamkota) untuk menghadapi Pemilu 2024 nanti.

Sispamkota dilakukan mulai dari kondisi pengamanan saat masuk tahun politik, kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara, hingga pasca diumumkannya calon pemimpin yang terpilih. Pasalnya sejumlah kondisi tersebut nanti bisa berpotensi konflik hingga memunculkan kekacauan.

Sispamkota ini digelar untuk memastikan kesiapan personel hingga sarana-prasarana untuk mengamankan Kudus saat penyelenggaraan pemilu 2024 nanti.

”Kami sudah menyiapkan setting untuk pengamanan kota dalam pelaksanaan pemilu 2024 agar berjalan aman dan kondusif,”kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto, Selasa (26/9/2023).

Sebanyak 450 personel Polres Kudus dari berbagai bidang pengaman hingga unsur TNI hingga Satpol PP Kudus terlihat andil melakukan sispamkota jelang pemilu 2024 ini. Ia menjelaskan, memang untuk menciptakan situasi kondisif dibutuhkan sinergitas seluruh elemen masyarakat.

”Kami dari Polres Kudus juga sangat siap untuk mengamankan pemilu 2024 nanti. Kamis sudah siapkan 700 personel untuk selalu siaga menyambut pemilu 2024,” ujarnya.

Editor: Dani Agus

Komentar