Rabu, 21 Februari 2024

Enam Desa Wisata di Kudus Diusulkan Dapat Bantuan

Yuda Auliya Rahman
Rabu, 27 September 2023 14:50:00
Kirab yang digelar di Desa Janggalan (desa wisata rintisan) beberapa waktu lalu (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Enam desa wisata di Kudus diusulkan mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu) pengembangan desa wisata. Bantuan itu dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) pada 2024 nanti.

Keenam desa wisata tersebut adalah Desa Temulus, Desa Janggalan, Desa Karangrowo, Desa Kauman, Desa Klaling, dan Desa Gondosari. Semua merupakan desa - desa yang sudah mendapatkan surat keputusan (SK) desa wisata rintisan dari Bupati Kudus.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah membenarkan jika enam desa tersebut tengah diusulkan untuk mendapatkan bankeu pengembangan desa wisata untuk tahun 2024. Besarannya, masing – masing desa akan mendapatkan Rp100 juta.

”Di Kudus saat ini sudah ada 30 desa wisata rintisan. Sekitar 17an desa wisata sudah mendapatkan bankeu. Ini kami usulkan lagi enam desa wisata rintisan untuk mendapatkan bankeu Rp100 juta pada tahun 2024 nanti,” katanya, Rabu (27/9/2023).

Ia menjelaskan, desa yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan ini harus merupakan desa wisata yang sudah ber-SK bupati. Sedangkan yang tidak ada SK tidak bisa diusulkan.

Dana bankeu yang nantinya didapatkan enam desa wisata rintisan tersebut, bisa dipergunakan untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Sehingga segala potensi yang ada di desa wisata tersebut bisa semakin layak jual dan bisa semakin menarik wisatawan untuk datang.

”Setiap desa wisata pastinya punya kebutuhan masing-masing untuk mengembangkan potensi yang ada. Bisa pengembangan secara fisik berupa pembangunan dan pengadaan fasilitas penunjang. Hingga pelatihan-pelatihan penunjang di desa wisata itu,” ucapnya.

Editor: Budi Santoso

Komentar