Rabu, 21 Februari 2024

Tiga Desa Wisata di Kudus Dapat Bantuan Rp 100 Juta

Yuda Auliya Rahman
Rabu, 27 September 2023 20:29:00
Speedboat yang ada di Bendungan Logung, kawasan Desa wisata Kandangmas, Dawe, Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Tiga desa wisata rintisan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendapatkan bantuan keuangan (bankeu) Pemerintah Provinsi Jateng. Tiga desa tersebut yakni, Desa Menawan, Desa Pedawang, dan Desa Jurang.

Masing-masing desa mendapatkan bantuan senilai Rp 100 juta rupiah yang dipergunakan untuk mengembangkan berbagai potensi wisata yang ada di desanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah mengatakan, dari 30 desa wisata rintisan yang ada di Kudus, kini sudah ada 22 desa wisata yang memperoleh bantuan keuangan untuk mengembangkan potensi wisatanya.

”Yang terbaru di 2023 ini itu ada tiga desa wisata. Jadi bantuan Rp 100 juta ini diharapkan bisa jadi stimulan desa wisata. Dari Pemprov Jateng membantu untuk memajukan desa wisata,” katanya, Rabu (27/9/2023).

Dalam pantauannya, pengelolaan bankeu yang sudah diterima sejumlah desa wisata sejak beberapa tahun terakhir digunakan dengan baik. Diantaranya, seperti pembagunan ikon masuk kawasan wisata logung yang ada di Desa Kandangmas.

Kemudian, di Desa Ngemplak ada wisata embung yang jadi andalan. Bantuan di Desa wisata Ngemplak, dipergunakan untuk membeli perahu dan becak air.

Selain itu, yang terbaru seperti Desa Menawan juga memafaatkan bantuan yang diterima untuk memperbaiki kawasan Sendang Widodari yang selama ini banyak dikunjungi masyarakat setempat hingga dari berbagai daerah.

Kawasan Sendang Widodari juga dimanfaatkan untuk menggelar berbagai macam pentas seni hingga sarguge (pasar minggu wage) bagi masyarakat desa setempat.

”Nah ini yang kami harapkan, dengan berkembangnya desa wisata diharapkan akan terjadi multiplayer efek peningkatan perekonomian yang terjadi bagi para pelaku UMKM sekitar,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

Komentar