Rabu, 28 Februari 2024

Ini Jumlah Kuota Jemaah Haji Kudus Tahun 2024

Yuda Auliya Rahman
Senin, 20 November 2023 15:27:00
Sejumlah warga saat mengikuti manasik haji di Kudus yang digelar beberapa waktu lalu (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus sudah mendapatkan aba-aba terkait jumlah kuota calon jemaah haji yang direncanakan berangkat pada tahun 2024 mendatang. Rencananya, di tahun 2024 Kudus mendapatkan sekitar 1300an calon jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Asrul Fatkhi mengatakan, angka kuota yang didapatkan Kudus ke Tanah Suci tahun depan sekitar 1300an jemaah. Calon jemaah haji yang masuk didaftar keberangkatan ini mayoritas mereka yang mendaftar di tahun 2012 silam.

”Untuk tahun depan sudah mulai muncul angka kuotanya, 1300an jemaah,” katanya, Senin (20/11/2023).

Hanya saja, sambung dia, data para jemaah haji berdasarkan nama saat ini masih bersifat rahasia. Kantor Kementerian Agama Kudus setelah mendapatkan angka tersebut diminta untuk melakukan verifikasi tentang data para jemaah.

”Jemaah belum diberi tahu, datanya masih secret. Kami ditugasi untuk memverifikasi data itu, apakah didaftar ada yang sudah wafat atau yang lain. Agar bisa terdeteksi di awal, sudah kami laporkan, ini tinggal menunggu nama fiks jemaahnya,” ungkapnya.

Dengan sudah munculnya kuota dan data jemaah haji awal ini, membuat persiapan keberangkatan haji tahun 2024 semakin panjang. Lebih lanjut, Ia menyebut kuota haji tahun 2024 untuk jemaah lanjut usia (lansia) sebanyak 20 persen.

”Beda dengan periode lalu, tahun depan 20 persen lansianya,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Komentar