Kamis, 29 Februari 2024

Warga dan Relawan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Wonosoco Kudus

Yuda Auliya Rahman
Sabtu, 25 November 2023 13:39:00
Pembersihan sisa banjir bandang oleh kepolisian dan berbagai unsur lain yang dilakukan secara gotong-royong (Murianews/Polres Kudus)

Murianews, Kudus – Bencana banjir bandang menerjang Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada Jumat (24/11/2023) malam. Meski tidak ada korban jiwa, namun ada puluhan rumah warga yang terdampak banjir tersebut.

Pascabanjir, aksi gotong royong dilakukan untuk membersihkan lumpur. Berbagai pihak ikut andil untuk melakukan pembersihan sisa banjir bandang.

Tak terkecuali, jajaran  kepolisian Polres Kudus yang turut andil gotong royong bersama para relawan BPBD Kudus, TNI, hingga masyarakat setempat membersihkan sisa lumpur, bebatuan, dan sampah bekas banjir.

Pembersihan bekas banjir bandang yang dilakukan pada Sabtu (25/11/2023) ini dilakukan di kawasan Sendang Dewot, Sendang Gading, dan rumah-rumah warga Wonosoco,.

”Puluhan personel Polres Kudus turut membantu tim evakuasi lain membersihkan berbagai wilayah di Desa Wonosovo yang terdampak banjir bandang,” kata Kasat Samapta Polres Kudus AKP Ngatmin, Sabtu (25/11/2023).

Ia menjelaskan, pembersihan secara gotong royong dilakukan dengan berbagai alat sederhana. Seperti cangkul, sekop hingga serokan yang dibantu dengan penyemprotan air dari armada tangki BPBD Kudus.

Pihaknya berharap, kegiatan pembersihan yang dilakukan gotong-royong dengan berbagai elemen ini bisa membantu meringankan beban masyarakat. ”Ketika sudah bersih nanti aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang yang menerjang Desa Wonosoco, Undaan, Kudus ini mengakibatkan 41 rumah terdampak. Banjir bandang ini, ditengarai terjadi karena kondisi Pegunungan Kendeng yang saat ini gundul.

Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam ini,. Hanya saja, sisa lumpur dan bebatuan bekas banjir bandang membuat proses pembersihan harus dilakukan ekstra.

Editor: Dani Agus

Komentar