Rabu, 21 Februari 2024

Proyek Drainase di Jalan Sunan Kudus Ditarget Kelar sebelum Natal

Yuda Auliya Rahman
Rabu, 29 November 2023 14:41:00
Pengerjaan pembangunan drainase di Jalan Sunan Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Pengerjaan drainase di Jalan Sunan Kudus, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Tengah dikebut. Proyek yang sudah berjalan sepekan lebih ini ditargetkan rampung sebelum natal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Arief Budi Siswanto mengatakan, pengerjaan kontruksi drainase di Jalan Sunan Kudus saat ini sudah sekitar 15 persen.

Proses pengerjaan ini, dilakukan mulai hilir di Sungai Gelis yang menjadi titik pembuangan air menuju ke arah barat.

”Kami targetkan sebelum natal bisa selesai. Sejauh ini tidak ada kendala, ada hujanpun tidak begitu lama, jadi masih bisa dimaksimalkan,” katanya, Rabu (29/11/2023).

Proses pengerjaan drainase tersebut, sambung dia, membutuhkan 90 pipa beton RCP (Reinforced Concrete Pipe) yang ditanam dikedalaman sekitar tiga sampai empat meter tergantung titik penempatan.

Pembangunan drainase ini dilakukan dengan panjang 227 meter dan dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) senilai Rp 2,6 miliar.

”Saat ini pemasangan pipa beton RCP nanti dilakukan pengurukan terus pemasangan geotextil,LPA dan kita cor,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pengerjaan drainase ini merupakan langkah awal dan jangka panjangnya untuk meminimalisir genangan air di perempatan Jember ketika diguyur hujan. Nantinya, pengerjaan drainase ini akan berlanjut di tahun 2024 hingga menuju ke perempatan Jember.

”Adanya genangan saat hujan lebat di perempatan Jember itu nanti tujuan kami. Sementara ini 227 meter dan nanti akan kami lanjutkan di tahun 2024,” ucapnya.

 

Editor: Dani Agus

Komentar