Jumat, 23 Februari 2024

Belum Padam, Kebakaran di Gunung Bromo Meluas

Zulkifli Fahmi
Selasa, 12 September 2023 16:47:00
Kebakaran di Gunung Bromo telah memasuki wilayah Kabupaten Pasuruan. (Istimewa/Beritajatim.com)

Murianews, Pasuruan – Kebakaran di Gunung Bromo masih belum padam hingga kini. Bahkan, titik kebakaran meluas hingga ke wilayah Kabupaten Pasuruan.

Bahkan, kebakaran di Gunung Bromo mulai masuk ke Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruhan sejak Senin (11/9/2023). Itu diungkapkan Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi, Selasa (12/9/2023).

Sugeng mengatakan, saat ini kebakaran mulai merembet ke Bukit Keciri, Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Saat ini, BPBD Pasuruan terus berkoordinasi dengan perangkat desa setempat.

”Merembetnya sekitar pukul 13.30 WIB kemarin (11/9/2023)). Kali ini kami sedang melakukan koordinasi bersama perangkat desa setempat untuk melakukan pemadaman,” kata Sugeng dikutip dari Berita Jatim.

Sugeng menjelaskan saat ini sejumlah relawan telah dikerahkan melakukan pemadaman. Pemadaman baru dilakukan secara manual dengan memukul api yang merembet.

Tak hanya itu, relawan desa setempat juga membuat semacam bendungan atau sekat pembatas. Tujuannya untuk menghalau api merembet lebih luas.

”Saat ini relawan peduli api telah melakukan pemadaman secara manual dengan alat seadanya,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya kebakaran lahan ini bermula di wilayah Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Bukit Teletubbies Kawasan Gunung Bromo.

Munculnya api ini disebabkan foto preweding sepasang kekasih menggunakan flare. Percikan api dari flare mengenai ladang savana yang kering di sana menjadi pemicu kebakaran.

Komentar