Jumat, 23 Februari 2024

Calon Hakim MK Mulai Diuji Kelayakan dan Kepatutannya

Zulkifli Fahmi
Senin, 25 September 2023 12:40:00
Suasana uji kelayakan dan kepatutan calon hakim MK yang dilakukan Komisi III DPR RI. (Youtube/kabar DPR)

Murianews, Jakarta – Tujuh calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mulai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. Uji kelayakan dan kepatutan direncanakan digelar dua hari, Senin dan Selasa (25-26/9/2023).

Adapun tujuh nama calon hakim MK yang diuji yakni, Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Abdul Latif, Haridi Hasan, dan Arsul Sani.

Uji kelayakan dan kepatutan dimulai sejak pukul 10.20 WIB di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman memimpin rapat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu.

Rencananya, lima calon hakim MK dijadwalkan diuji hari ini. Sedangkan, dua lainnya dijadwalkan besok mulai pukul 14.00 WIB.

Melansir dari Detik.com, Komisi III DPR akan mengambil keputusan pemilihan dan penetapan calon hakim konstitusi dari unsur DPR RI ini, pada hari terakhir. Komisi III DPR akan mencari satu nama untuk menggantikan Wahiduddin Adams.

”Kami akan memilih satu putra terbaik bangsa sebagai hakim MK menggantikan Pak Wahiduddin Adams,” kata Habiburokhman, Senin (25/9/2023).

Habiburokhman memastikan proses uji kelayakan calon hakim MK dilakukan secara transparan. Dia menyebut publik bisa menyampaikan langsung masukan-masukan secara tertulis.

”Proses akan berlangsung terbuka dan transparan. Kami persilakan masyarakat untuk menyaksikan acara tersebut secara langsung dan sekaligus bisa juga menyampaikan masukan secara tertulis,” jelasnya.

Komentar