Jumat, 23 Februari 2024

Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK Mencuat, Jokowi: Masa Tanya Saya

Zulkifli Fahmi
Jumat, 6 Oktober 2023 21:05:00
Presiden Joko Widodo. (YouTube Sekretariat Presiden)

Murianews, Jakarta – Dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian mencuat akhir-akhir ini.

Itu setelah Syahrul Yasin Limpo ember usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus pemerasan itu sepulang dari Roma dan Spanyol.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak tahu menahu soal dugaan pemerasan itu. Pria asa Solo itu bahkan menggelengkan kepalanya saat ditanya wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (6/10/2023).

”Nggak tahu,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi justru meminta awak media untuk bertanya ke pihak aparat penegak hukum terkait laporan pemeriksaan itu.

”Ya, tanyakan saja ke aparat penegak hukum. KPK atau ke mana? Kepolisian, ya,” jelasnya.

Jokowi juga ogah menanggapi saat ditanya kasus korupsi yang menyeret Syahrul Yasin Limpo itu. Ia menyerahkan itu pada KPK selaku pihak yang menjalani proses hukumnya.

”Tanyakan ke KPK. Masa tanyakan ke saya,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya Tengah menyelidiki kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK. Kasus tersebut dilaporkan 12 Agustus 2023 lalu.

Untuk penyelidikan kasus itu, polisi telah memeriksa sopir dan ajudan Mentan. Syahrul Yasin Limpo juga telah memberikan keterangannya usai pulang melakukan perjalanan dinas di Eropa.

Terpisah, Ketua KPK, Firli Bahuri, membantah telah meminta uang kepada pihak-pihak yang berada di Kementan.

Komentar