Jumat, 23 Februari 2024

Kemenag Bakal Buka Embarkasi Haji di Banten

Zulkifli Fahmi
Senin, 13 November 2023 23:20:00
Ilustrasi: Jemaah haji tiba di Pendapa RA Kartini Jepara. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jakarta – Kemenag berencana membuka embarkasi haji di Banten dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024 mendatang. Itu diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (13/11/2023).

Ia mengatakan, sebelum menetapkannya, pihaknya perlu melakukan simulasi terlebih dahulu. Di ketahui, sebelumnya, embarkasi Banten sempat digunakan untuk kepulangan haji 2023.

Sebelumnya, pada penyelenggaraan ibadah haji 2023, ada 14 embarkasi yang digunakan, yakni Banda Aceh, Kualanamu, Padang, Batam, Palembang, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Ujungpandang, Lombok, dan Kertajati.

”Untuk embarkasi Banten kita masih lakukan simulasi dahulu. Tahun lalu sudah dimanfaatkan untuk kepulangannya, sekarang mau kita manfaatkan untuk keberangkatannya apakah bisa. Mau kita simulasikan dulu, kalau ternyata bisa dan memungkinkan tentu kita akan pakai,” jelasnya dikutip dari laman Kemenag, Senin (13/11/2023).

Yaqut kemudian menjelaskan jumlah kuota jemaah haji di Indonesia pada 2024 nanti. Di mana, Indonesia mendapatkan jatah sebanyak 241.000.

Dari jumlah itu, sebanyak 221.720 merupakan kuota haji regular dan 19.280 kuota haji khusus. Jumlah tersebut akan dibagi kembali dalam 598 kelompok terbang (kloter).

”Panja BPIH juga berfungsi membuat skenario-skenario pelayanan yang optimal di tengah pengurangan jumlah petugas yang sangat signifikan, dari 4.600 menjadi hanya 2.120. Padahal jumlah jemaah kita bertambah 20.000,” ungkap Menag.

Di kesempatan itu, Yaqut mengungkapkan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi. Ia berharap Pemerintah Arab Saudi memberikan penambahan kuota petugas agar proporsinya memungkinkan.

”Kami juga terus berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota petugas agar proporsinya memungkinkan untuk kita memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah,’ sambungnya.

Komentar