Kamis, 29 Februari 2024

Ubah Haluan, Gerakan Desa Bersatu Ganti Dukung Prabowo-Gibran

Zulkifli Fahmi
Minggu, 19 November 2023 23:21:00
Gibran saat menghadiri Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 di Indonesia Arena Senayan, Jakarta, Minggu (19/11/2023). (Instagram/bolonemase_indonesia)

Murianews, Jakarta – Belasan ribu kepala desa atau perangkat desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Bersatu menyatakan dukungannya pada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Mereka yang berkumpul dalam agenda silaturahmi di Indonesia Arena Jakarta itu memberikan dukungan tanpa mendeklarasikannya, Minggu (19/11/2023).

Pemberian dukungan ini menjadi arah baru bagi Gerakan Desa Bersatu. Sebab, sebelumnya, mereka sempat menyatakan dukungan pada pasangan Anies-Muhaimin (AMIN).

Agenda di Indonesia Arena itu dihadirin Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka didampingi sang istri Selvi Ananda. Ia juga didampingi sejumlah elit parpol KIM.

Ada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Lalu, ada Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade, Ketua Bapilu Partai Golkar Nusron Wahid, hingga aktivis 98 sekaligus mantan politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko.

Asri Anas, Ketua Umum Gerakan Desa Bersatu menjelaskan, alasan pihaknya mengundang Gibran karena dianggap dapat mengakomodir aspirasi para kelapa desa.

”Dalam pandangan kami, rasanya Bapak Prabowo dan Mas Gibran mengakomodir,” kata Asri di GBK, Jakarta dikutip dari Suara.com, Minggu (19/11/2023).

Dukungan itu makin mengerucut setelah pihaknya bertemu dengan Capres-Cawapres lainnya, yakni Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

”Tapi buat kami siapa yang kemudian mau benar-benar mengakomodir kepentingan desa, ya buat kita, ada di situ. Jadi ngga penting untuk menghadirkan semua. Yang kita butuhkan adalah siapa yang mau mengakomodir,” katanya.

Asri menegaskan, pihaknya tidak akan secara tegas mendeklarasika atau menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Sebab secara aturan kepala desa selaku aparatur sipil negera (ASN) dilarang.

”Tidak harus deklarasi lah. Teman-teman lebih tahu lah cara kerjanya,” terangnya.

Awal September 2023 lalu, Gerakan Desa Bersatu ini sempat menyatakan mendukung Anies-Muhaimin untuk Pilpres 2024 ini. Dukungan juga disampaikan usai berkomunikasi dengan seluruh Capres.

”Kami sudah mengambil kesimpulan hanya Anies dan Muhaimin Iskandar yang bisa melakukan perubahan ini, terutama untuk menjaga kedaulatan desa, meningkatkan kesejahteraan desa, dan memajukan desa di seluruh Indonesia,” jelas Asri saat itu.

Sebelumnya, Bawaslu RI pernah mewanti-wanti kepala desa dan perangkatnya harus netral dan menjaga netralitas saat Pemilu 2024.

Wanti-wanti itu diutarakan Totok Hariyono, Anggota Bawaslu dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Rabu (26/7/2023) lalu di Jambi.

Totok mengingatkan kepala desa agar tidak memberikan keputusan yang merugikan atau menguntungkan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye.

Dia sekaligus mengajak seluruh kepala desa untuk membantu Pengawas Pemilu dalam mensosialisasikan peraturan kampanye kepada masyarakat.

Komentar